Sukses

AMD Rilis Prosesor Baru, Spesialis Desktop Gaming di Indonesia

Seri Richland menggunakan arsitektur Accelerated Processor Unit (APU) yang menggabungkan CPU dan GPU.

Produsen chipset prosesor pesaing Intel, AMD baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu APU Elite A-Series Richland di Indonesia. Prosesor ini sendiri merupakan generasi ketiga dari varian chipset A-Series.

Pertama kali diperkenalkan pada publik di ajang Computex 2013 bulan lalu, Richland terdiri dari tiga seri produk, yaitu A6, A8, dan A10. Yang istimewa dari ketiga prosesor ini adalah, seri Richland menggunakan arsitektur Accelerated Processor Unit (APU) yang menggabungkan Central processing unit (CPU) dan Graphics Processing Unit (GPU) pada satu chip.

Patut diketahui, di dalam ketiga seri prosesor Richland tersebut telah tersedia secara built-in GPU AMD Radeon Graphics HD 8000 untuk menyokong kebutuhan grafis mumpuni.

Pihak AMD sendiri mengklaim prosesor generasi terbarunya ini mampu mencatatkan clock speed 3.5 Ghz sampai 4.1 Ghz. Bahkan bila menggunakan Turbo Boost, chipet ini bisa mencapai clock maksimalnya yaitu 4.1 Ghz hingga 4.4 Ghz dengan dukungan memori DDR3 yang sesuai.

"AMD menghadirkan Richland di Indonesia untuk memfasilitasi para pengguna, khususnya para gamer yang ingin meng-upgrade PC mereka namun memiliki budget terbatas. Dengan menggunakan prosesor ini pengguna tidak lagi memerlukan kartu grafis discreet (tambahan) untuk bermain game-game yang menuntut kualitas grafis tinggi," jelas Frankie Widjaja, Distributor Sales Manager AMD Indonesia di acara peluncuran yang berlangsung Jumat (26/7/2013) kemarin.

Lebih lanjut Frankie menjelaskan, keunggulan dari teknologi APU adalah kepintarannya dalam membagi beban kerja antara CPU dan GPU. Prosesor jenis lain umumnya terlalu membebankan kerja komputer pada unit CPU.

Untuk banderol, seri Richland dihargai masing-masing A6 (US$ 69), A8 (US$ 112), dan A10 (US$ 142). Ketiganya sudah tersedia di pasar Indonesia resmi sejak kemarin. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini