Sukses

Saingi Samsung, MediaTek Pastikan Kehadiran Chipset Octa-Core

MediaTek menyebut jika chipset besutannya sebagai prosesor octa-core sesungguhnya dan pertama di dunia.

Rencana mengenai kehadiran chip delapan core yang berhembus awal bulan lalu, kini dikonfirmasi kepastian kehadirannya oleh pihak MediaTek. Melaui situs resmi perusahaan, MediaTek menyebut jika chipset besutannya sebagai prosesor octa-core sesungguhnya dan pertama di dunia.

Ini dianggap berbeda dengan chip Exynoss 5 octa-core besutan Samsung yang memakai dua buah prosesor quad-core namun pada satu waktu hanya satu chipset yang bekerja. Sementara MediaTek menyebut chip delapan inti besutannya akan bekerja di saat yang bersamaan. Demikian dilansir laman Phone Arena, Senin (29/7/2013).

Perusahaan asal Taiwan ini menyebut jika kedelapan core mampu bekerja dengan maksimal tanpa overheat. Mampu bekerja untuk game definisi tinggi dengan baik, browsing internet, memutar video lebih baik, dan peningkatan daya tahan baterai.

Prosesor yang mengusung kode MT6592 disebut memiliki kecepatan clock mencapai 1,7 GHz hingga 2 GHz dengan video decoding 1080 piksel 30fps. Bahkan hasil benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu, chipset octa-core MediaTek mencapai skor hampir 30.000.

Seperti diketahui hingga kini chipset MediaTek banyak disematkan dalam perangkat-perangkat berharga murah. Hingga kini perusahaan sudah memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen untuk smartphone segmen menengah bawah. (vin/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.