Sukses

BlackBerry dan Mozilla Kembangkan `Peach`, Perangkat Anti Bugs

Peach nantinya akan dihadirkan dalam konsep perangkat yang memiliki kemampuan untuk membongkar berbagai bugs berbahaya pada sebuah software.

Secanggih apapun sebuah perangkat teknologi pasti memiliki celah keamanan pada softwarenya, atau biasa disebut bugs. Hal inilah yang mendorong BlackBerry beserta Mozilla untuk mengembangkan sebuah perangkat yang disebut 'Peach'.

Dilansir laman Cnet, Kamis (1/8/2013), Peach nantinya akan dihadirkan dalam konsep perangkat yang memiliki kemampuan untuk membongkar berbagai bugs berbahaya pada sebuah software.

Dalam proses produksinya sendiri, BlackBerry dan Mozilla dikabarkan telah menggaet Michael Eddington dari Deja Vu Security. Sebuah developer aplikasi yang telah mengembangkan perangkat serupa sejak 2004 silam.

Melalui blog resminya Mozilla mengonfirmasi bahwa konsep perangkat ini diharapkan mampu mendeteksi bugs yang ditemukan dalam berbagai jenis software program. Terbukti, pada masa percobaan, bugs yang terdapat di mesin pencari Firefox bisa didiagnosis dengan mudah oleh perangkat ini.

Sementara itu di lain sisi, pihak BlackBerry mengaku sangat bergantung pada keberadaan Peach. menurut rencana, BlackBerry nantinya akan memanfaatkan Peach untuk melakukan uji coba aplikasi yang diciptakan oleh pihak ketiga sebelum kemudian dilepas ke toko aplikasi BlackBerry World.

Baik BlackBerry maupun Mozilla berharap nantinya Peach dapat diproduksi secara masal dan menjadi perangkat keamanan komputer yang mumpuni. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.