Sukses

Antisipasi Trafik Lebaran, Indosat Dongkrak Kapasitas Jaringan

Indosat melakukan peningkatan kapasitas suara, pesan singkat maupun layanan data yang lebih besar untuk menghadapi trafik Lebaran 2013.

Trafik komunikasi menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya meningkat drastis dari hari-hari biasa. Para operator mempersiapkan diri dengan memperbesar kapasitas jaringannya di sejumlah titik jalur mudik agar layanan telekomunikasinya tidak mandeg.

Head of Public Relations Indosat Adrian Prasanto mengatakan Indosat akan melakukan peningkatan jumlah kapasitas jaringan agar bisa menampung lebih banyak trafik.

"Kami akan melakukan peningkatan kapasitas suara, pesan singkat maupun layanan data yang lebih besar untuk menghadapi trafik Lebaran 2013," papar pria yang biasa disapa Pras itu kepada Liputan6.com melalui layanan pesan instan.

Kapasitas layanan suara Indosat kini bertambah menjadi 18 juta Erlang per hari untuk menangani trafik layanan suara selama Lebaran 2013 yang diperkirakan akan mencapai 6,97 juta Erlang per hari. Jumlah layanan suara diperkirakan mengalami peningkatan tidak terlalu tinggi daripada Lebaran 2012 yang mencapai 6,84 juta suara.

Indosat juga menambah kapasitas layanan pesan singkat menjadi 1,45 milyar SMS/hari. Diperkirakan akan ada 1,1 milyar SMS setiap harinya selama musim Lebaran di jaringan Indosat. Tahun lalu, SMS yang dikirim dari jaringan Indosat selama Lebaran mencapai 1,025 milyar SMS/hari.

Layanan data yang menjadi primadona di semua penyedia layanan telekomunikasi juga diprediksi akan meningkat drastis. Indosat menyiapkan kapasitas data sebesar 150 TeraBita/hari agar bisa menangani trafik Lebaran yan diperkirakan mencapai 69,05 TeraBita/hari. Pada Lebaran 2012, trafik data di Indosat tercatat mencapai 44,58 TeraBita/hari.

Berdasarkan pengalaman dari Lebaran 2012, Indosat mengklaim bahwa pada Hari Raya Idul Fitri trafik komunikasi yang tinggi akan berada di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Selatan. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini