Sukses

Platform Mobile BlackBerry, Dari Pager Hingga Smartphone

BlackBerry mulai dikenal secara global sejak perangkat ponsel pintarnya digunakan kalangan pebisnis hampir di seluruh dunia.

BlackBerry 10 jadi sistem operasi andalan perusahaan pembuat perangkat BlackBerry. Platform hasil evolusi itu diklaim memiliki aneka fitur yang menarik dan mampu bersaing dengan buatan vendor lainnya. Namun, siapa yang tahu perjalanan panjang sistem operasi populer itu awalnya dibuat untuk pager?

BlackBerry mulai dikenal secara global sejak perangkat ponsel pintarnya digunakan kalangan pebisnis hampir di seluruh dunia. Kemampuannya menanggulangi berbagai aktivitas komunikasi di kalangan profesional seperti push mail membuat handset buatan vendor asal Kanada itu cukup layak diandalkan untuk menjaga komunikasi bisnis agar tetap berlangsung.

Secara mendasar platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan yang baik untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, sebuah subset dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak.

BlackBerry OS 1.0



Sistem operasi pertama yang dibuat RIM ini dirilis pada bulan Januari tahun 1999. Sistem ini dibuat untuk menjalankan perangkat pager yang dinamai BlackBerry 580. Sistem operasi ini masih memiliki fitur yang sangat sederhana diantaranya email, agenda, kalender dan akses HTML yang terbatas.

Meskipun fitur yang ditawarkan masih sederhana namun kala itu sudah cukup memenuhi kebutuhan kalangan jet-set yang harus terus terkoneksi. Toh, saat itu BlackBerry OS masih berjalan di perangkat pager yang masih monokrom dan memiliki fungsi yang juga terbatas. Trackwheel jadi senjata yang diselipkan pada perangkat ini untuk memudahkan penggunanya saat menavigasi.

BlackBerry OS versi Kedua



Versi kedua dari BlackBerry OS mengalami peningkatan yang cukup signifikan daripada pendahulunya. Fase ini disebut juga sebagai tahap evolusi dari OS buatan RIM. Waktu itu sudah tahun 2000 dan tren perangkat komunikasi saat itu sudah masuk ke era PDA alias personal digital assistant yang biasa dikenal sebagai pembantu digital berbasis komputer dengan ukuran mini.

Perangkat PDA yang beredar saat itu masih memakai layar monochrome dan belum ada fungsi telefoni. RIM membenamkan fitur email, web browser, agenda, kalender, catatan, termasuk game ke dalam perangkat PDA yang memakai BlackBerry OS.

First BlackBerry OS For Smartphone



RIM meluncurkan sistem operasi 3.x sebagai platform yang bisa dioperasikan di telepon genggam. Fitur yang ada di perangkat ini tak berbeda jauh dengan versi OS generasi kedua yang dipakai untuk perangkat PDA.

Platform mobile ini pertama kali meluncur tahun 2002 bersamaan dengan perangkat ponsel yang mendukung kinerja bisnis. Fungsi telefoni dan dukungan Java secara perdana muncul di telepon BlackBerry dengan OS 3.x. Sayangnya, ketika ingin menelepon penggunanya wajib memakai handsfree.

BlackBerry OS with Multimedia



Tren layar berwarna di telepon genggam juga menjangkiti dalam tubuh RIM. Perusahaan berbasis di Waterloo ini meluncurkan BlackBerry OS 4.x di tahun 2004. Era ini bisa disebut sebagai langkah awal sistem operasi smartphone modern BlackBerry dibuat oleh RIM.

BB OS4 telah dilengkapi dengan fitur HTML browser yang sudah mendapat peningkatan di sisi pengalaman pengguna. Aplikasi Gallery untuk melihat foto dan chatting dua arah sudah mulai tersedia di platform mobile versi ini.

Secara usia pengembangan BB OS 4 mendapat rentang waktu yang paling panjang dibanding yang lainnya. RIM mengembangkan platform ini dari tahun 2004 hingga 2008 dengan versi 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, 4.5, 4.6 dan yang terakhir versi 4.7.

BB OS5



Peluncuran versi BB OS5 menandai ekspansi terbesar bagi BlackBerry. Pertumbuhan popularitas yang signifikan sebagai efek dari konektivitas internet mobile yang sudah ditingkatkan dengan mengusung desain yang lebih estetis di handsetnya.

Smartphone yang di dalamnya terdapat BB OS5 lebih menyasar generasi muda ketimbang kalangan profesional yang telah dilakukannya dengan produk buatan RIM sebelumnya. Perusahaan pembuatnya telah menambahkan berbagai fitur di dalamnya untuk memudahkan aktivitas sehari-hari seperti push email, sinkronisasi kontak secara wireless, integrasi dengan Gmail, BlackBerry Maps dan lain-lain.

Sistem operasi ini juga menjadi platform BlackBerry pertama yang mendukung perangkat layar sentuh. Seri Curve 9500 alias Storm jadi perangkat BB pertama yang memakai layar sentuh yang diluncurkan pada tahun 2008.

BB OS6



Pertumbuhan jumlah pengguna jejaring sosial maupun media sosial yang tinggi menjangkiti para pengguna smartphone. BlackBerry mengikuti perkembangan tren dengan menyediakan berbagai aplikasi sosial. Salah satunya adalah aplikasi baru untuk memberi notifikasi tiap aktivitas dari teman penggunanya baik di TWitter, Facebook, BlackBerry Messenger, LinkedIn, dan lainnya.

RIM juga menambahkan aplikasi YouTube khusus agar memudahkan penggunanya mengakses konten video di dalamnya. Vendor yang berbasis di Waterloo, Kanada itu juga memperbaiki browsernya, navigasi tab dan sistem pencarian yang terintegrasi dengan internet.

BB OS7



RIM sebagai pembuat BB kembali menambahkan fitur baru di perangkat besutannya. Di BB OS7 perusahaan itu menambahkan kemampuan menangkap siaran radio FM, WiFi Hostpot compatible serta tambahan teknologi Near Field Communcation (NFC).

Perangkat yang memakai BB OS7 mayoritas telah dilengkapi dengan fitur navigasi campuran antara sentuh dan keyboard. Hingga saat ini perangkat yang memakai platform mobile ini masih beredar di pasaran.

BB10, Harapan Baru BlackBerry




Tanggal 31 Januari 2013 menjadi tonggak penting bagi sejarah perjalanan perangkat BlackBerry. Perusahaan dari Kanada itu mengganti namanya dari RIM menjadi BlackBerry dengan berbagai pertimbangan. Mereka juga secara resmi meluncurkan sistem operasi mobile terbaru dari buatannya yang dinamai BlackBerry 10 atau BB10 beserta dengan perangkat yang akan memakainya, Z10 dan Q10.

Platform ini digadang-gadang bisa menjadi harapan besar BlackBerry di pasar smarpthone yang sempat dikuasainya. BB10 diklaim memiliki keamanan yang jauh lebih baik karena telah menggunakan basis QNX yang merupakan pembuat aplikasi untuk militer maupun perangkat luar angkasa.

Handset berbasis BB10 lebih menonjolkan fitur layar sentuh dengan navigasi gesture yang sudah lebih dulu dipakai platform lainnya. Selain itu, ada banyak fitur yang memungkinkan penggunanya tetap bisa menjalankan bisnis namun tak perlu kuatir urusan pribadinya dilacak oleh bagian IT kantor.

Fitur baru yang ada di BB10 antara lain : BlackBerry Hub, BlackBerry Balance, Time Shift Camera, BBM video/screen share, BlackBerry Link, Keyboard prediksi yang cukup baik, Voice Control dan Android Player. (den/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini