Sukses

Makam Seniman Andy Warhol Akan Disiarkan via Live Streaming 24/7

Siaran ini dinamakan 'Figment', merujuk pada salah satu kutipan terkenal yang diucapkan Warhol.

Hari ini merupakan hari kelahiran Andy Warhol, seniman yang dikenal sebagai salah satu pelopor pop art. Untuk memeringati 85 tahun kelahiran seniman eksentrik tersebut, Andy Warhol Museum pun meluncurkan siaran langsung melalui streaming internet yang bisa diakses selama 24 jam perhari, 7 hari per minggu.

Dilansir dari laman The Verge, Selasa (6/8/2013), makam Andy Warhol terletak di kampung halamannya, Pittsburgh, Pennsylvania. Makam Andy Warhol tentu saja menjadi salah satu lokasi wisata ziarah bagi para pencinta seni.

Makamnya pun sering menjadi tempat inspirasi bagi pelukis lain. Tentu mereka berharap bisa mendapatkan ide seperti saat Warhol menciptakan lukisan sup kaleng Campbell atau botol Coca-Cola menjadi karya yang populer dan bernilai.

Proyek webcam ini merupakan kolaborasi dengan jaringan siaran langsung EarthCam. Siaran ini dinamakan Figment. Nama ini merujuk pada salah satu kutipan terkenal yang diucapkan Warhol:

"I always thought I'd like my own tombstone to be blank. No epitaph and no name. Well, actually, I'd like it to say 'figment'," ucap Andy.

(Saya selalu berpikir akan menyukai nisan saya yang polos. Tanpa tulisan dan tanpa nama. Saya pun akan senang menamakan itu 'figment' [tak nyata])

"Figment merupakan cara fantastis untuk menempatkan Andy mengudara 24/7 dan menyiarkannya ke audiens global kami," kata Direktur Museum Andy Warhol, Eric Shiner. "Kami percaya ini akan menyenangkan Warhol jika tahu kalau dia masih terhubung dan menyala setelah 25 tahun setelah kematiannya," lanjutnya.  

Tak hanya itu, prosesi pemakaman Andy Warhol pada 22 Februari 1987 memang berlangsung unik. Sebab sang sahabat Paige Powell sempat menaruh majalah Interview, kaos Interview, dan botol parfum Estee Lauder seri "Beautiful" ke dalam lubang kubur bersama peti matinya. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini