Sukses

Tiga Eksekutif Senior `Angkat Kaki` Tinggalkan BlackBerry

"Kami dalam tahap kedua dari rencana transformasi untuk mengevaluasi organisasi kami, dari atas ke bawah."

Beberapa tahun lalu, BlackBerry merupakan penguasa di pasar smartphone. Tapi popularitas perangkat besutan perusahaan yang dulu bernama Research in Motion itu meredup saat munculnya perangkat layar sentuh seperti Apple iPhone dan smartphone berbasis Android. BlackBerry kemudian berusaha bangkit dengan merilis perangkat baru berbasis sistem operasi terbaru, BlackBerry 10.

Tapi tentu saja tak mudah bagi BlackBerry untuk kembali bangkit. Apalagi penjualan perangkat BlackBerry 10 terbilang tak disambut secara antusias. Selain itu, dua pekan lalu BlackBerry juga diketahui memecat 250 karyawannya sebagai bagian dari efisiensi kinerja.

Masalah kembali melanda perusahaan asal Kanada itu. Dilansir dari laman CBC, Kamis (8/8/2013), kali ini tiga ekseskutif senior diketahui hengkang dari BlackBerry. Adapun ketiga eksekutif senior itu adalah Vice President bidang Operasi Teknologi Informasi Doug Kozak, Senior Vice President bidang Rantai Suplai dan Manufaktur Global Carmine Arabia, serta Vice President bidang Operasi Layanan Graeme Whittington.

"Kami dalam tahap kedua dari rencana transformasi untuk mengevaluasi organisasi kami, dari atas ke bawah. Ini untuk memastikan kami memiliki orang yang tepat di posisi yang tepat dengan peran yang tepat beserta kemampuan yang tepat untuk menghadirkan kesempatan baru di komputasi mobile," kata Rebecca Freiburger, selaku juru bicara BlackBerry dalam email kepada CBC.

Tentu ini menambah daftar eksekutif yang hengkang dari BlackBerry. Sebelumnya, Executive Vice President David J. Smith diketahui mundur dari BlackBerry. Smith yang bertanggung jawab atas tablet PlayBook mundur dengan alasan pribadi. Tapi tak diketahui apakah Smith bagian dari program PHK yang dilakukan BlackBerry.

Smith menyusul dua eksekutif penting di BlackBerry yang telah lebih dulu meninggalkan perusahaan. Adapun dua eksekutif yang diketahui mundur pada pertengahan Juli lalu adalah T.A. McCann dan Marc Gingras.

McCann adalah VP of BBM and Social BlackBerry yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara aplikasi Facebook, Twitter dan LinkedIn di BlackBerry. Dia juga bertanggung jawab untuk tools instant messaging BlackBerry yang paling populer, BlackBerry Messenger (BBM).

Sedangkan Gringas adalah otak di balik pengembangan fitur BlackBerry 10 yang paling menonjol, yaitu BlackBerry Hub. Fitur ini memungkinkan pengguna telepon mengecek semua pesan mereka dalam satu tempat tanpa harus menutup aplikasi lain.

Sepertinya McCann dan Gringas tak masuk dari bagian program PHK BlackBerry. Sebab keduanya berusaha dibujuk agar tak jadi meninggalkan perusahaan. Tapi upaya BlackBerry gagal. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini