Sukses

Setelah iPhone 5S dan 5C, Apple Akan Garap Seri iPhone 5G?

Sebuah foto yang diklaim berasal dari China memperlihatkan bagian layar dan panel bodi bagian depan yang dikemas dalam box "5G LCD".

Menurut kabar terakhir yang beredar, Apple disebutkan akan segera merilis seri lanjutan iPhone 5S dan iPhone murah (5C) pada tanggal 10 September 2013 mendatang. Nah, belum juga jelas kabar tersebut, baru-baru ini telah muncul kembali sebuah bocoran foto dari China yang mengungkapkan keberadaan varian terbaru lainnya dari iPhone, yaitu iPhone 5G.

Dilansir laman Phone Arena, Senin (12/8/2013), pertama kali dipublikasikan oleh situs web USwitch, sebuah foto yang diklaim bersal dari China tersebut memperlihatkan bagian layar dan panel bodi bagian depan yang dikemas di dalam box pengiriman bertuliskan '5G LCD'. Panel bodi bagian depannya yang berwarna putih itu sangat mirip dengan desain yang diusung pada iPhone 5.

Yang pasti, seperti biasanya pihak Apple tak pernah memberikan konfirmasi terkait rumor kehadiran produk-produk terbarunya. Namun, sejumlah pengamat menilai bahwa rangkaian handset terbaru dari Apple akan menjadi titik tolak perubahan strategi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan asal Cupertino, California tersebut.

Seperti yang diketahui, di era Steve Jobs, produk Apple selalu hadir dengan eksklusifitas tinggi dan selalu menyasar segmen pasar kelas premium. Selain itu, dahulu Apple pun dikenal cukup disiplin dalam memprtahankan siklus tahunan peluncuran produk-produk barunya. Strategi bisnis ini nyatanya cukup sukses dan membuat Apple memiliki ciri khas yang dibanggakan oleh para konsumen setianya.

Namun kini, setelah pucuk pimpinan di pegang oleh Tim Cook, Apple justru sedikit meniru strategi bisnis perusahaan-perusahaan pesaingnya yang berasal dari Asia. Apple saat ini berusaha merengkuh seluruh segmen pasar, mulai dari kelas bawah, menengah, hingga atas. Apple juga mulai terlihat lebih 'longgar' dalam menentukan waktu perilisan produk-produk terbarunya.

Apakah perubahan strategi bisnis ini akan berhasil membuat Apple kembali berjaya di pasar perangkat mobile? Kita tunggu saja kelanjutan kabarnya. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.