Sukses

Korea Utara Kembangkan Smartphone Android Pertamanya

Smartphone pertama milik negara beribukota Pyongyang itu diprediksi akan difungsikan sebagai alat propaganda oleh pemerintah.

Korea Utara dikenal sebagai negara tertutup. Namun, belakangan negara berideologi sosialis itu terlihat mulai membuka diri pada teknologi yang berkembang secara luas.

Negara saudara Korea Selatan itu dikabarkan sedang mengembangkan sebuah ponsel pintar. Diklaim sebagai 'teknologi asli' miliknya, perangkat itu dinamai "AS 1201 Arirang".

Media milik pemerintah Korea Utara, KCNA menyebutkan bahwa pemimpin tertinggi telah angkat suara perihal smartphone baru buatannya. "Antusias patriotik yang ada pada pemerintah karyawan pabrik membuat sebuah ponsel yang modern secara massal," kata Kim Jong-un, Pemimpin Tertinggi di Korea Utara.

Meskipun diklaim 'milik sendiri' tetapi handset itu diprediksi dibuat di China dan dikemas di Korea Utara. Dikutip Liputan6.com dari Phone Arena, Selasa (13/8/2013), smartphone pertama milik negara beribukota Pyongyang itu diprediksi akan difungsikan sebagai alat propaganda oleh pemerintah.

Koneksi internet yang masih terbatas kemungkina menjadikan perangkat ponsel pintar itu tak berjalan optimal. Piksel tinggi di kameranya diharapkan bakalan menjadi penguat daya tarik yang ada di ponsel pintar itu.

Sayangnya, masih belum banyak penjelasan yang beredar seputar AS 1201 Arirang itu. Hanya saja, perangkat dari Negeri Sosialis itu terlihat memakai tampilan khas Android ketika muncul dalam sebuah foto. (den/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.