Sukses

10 Perusahaan Teknologi dengan Wawancara Kerja Tersulit

Wawancara kerja tidaklah mudah, bahkan ada yang prosesnya lebih berat. Berikut perusahaan dengan tingkat kesulitan wawancara paling tinggi.

Wawancara kerja tidaklah mudah, bahkan di beberapa perusahaan prosesnya lebih berat. Situs pencari kerja Glassdoor baru-baru ini menerbitkan daftar 25 perusahaan dengan proses wawancara kerja terberat.

Sepuluh (10) di antaranya adalah perusahaan teknologi, termasuk di dalamnya Google, Microsoft, Facebook, dan Nvidia. Data laporan Glassdoor ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan dari Juli 2012 hingga 2013.

Google, HubSpot dan perusahaan software Thoughtworks ternyata masuk dalam daftar tiga besar perusahaan teknologi yang memiliki tingkat kesulitan wawancara paling tinggi. Disusul oleh Microsoft dan Nvidia yang sama-sama mendapat poin 3,4, lalu Facebook dengan poin 3,3.

Namun untuk penilaian tingkat kepuasan karyawan, Facebook mendapat poin tertinggi yaitu 4,8, sedangkan Google hanya 4,3. Dari nama-nama yang ada dalam daftar tersebut, perusahaan Apple dan Yahoo ternyata tidak masuk dalam daftar perusahaan dengan wawancara tersulit.

Poin penilaian tersebut didasarkan pada tingkat kesulitan wawancara dengan menggunakan skala lima poin. Dimulai dari 1 poin yang berarti sangat mudah, hingga 5 poin yang berarti sangat sulit. Tak lupa juga disertakan penilaian berdasarkan tingkat kepuasan karyawan. 1 untuk sangat tidak puas, hingga 5 untuk sangat puas.

Dikutip dari laman PC Mag, Kamis (15/08/2013), untuk tingkat kesulitan wawancara, tidak ada perusahaan dalam daftar yang mencapai angka 4 atau di bawah 3,3.

Proses wawancara yang sulit ternyata tidak selalu dinilai negatif bagi para pelamar. Pelamar yang diwawancarai Nvidia dan Informatica misalnya, sekitar 80 persen justru mengaku mendapat pengalaman positif.

1.   Thoughtworks 3,9 poin
2.   Google 3,6 poin
3.   HubSpot 3,5 poin
4.   Paycom 3,5 poin
5.   Avaya 3,4 poin
6.   Microsoft 3,4 poin
7.   Nvidia 3,4 poin
8.   Citrix Systems 3,4 poin
9.   Informatica 3,4 poin
10. Facebook 3,3 poin

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.