Sukses

Google Chrome Jadi Browser Favorit di PC Desktop

Amerika Selatan menjadi basis wilayah pengguna Chrome terbesar. Sekitar 63 persen pengguna internet di wilayah itu selalu mengakses Chrome.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh biro riset StatCounter, Google Chrome diklaim sebagai web browser terpopuler di dunia untuk platform PC desktop pada kuartal kedua tahun 2013 ini. Melalui riset yang bertajuk 'Global Market Share of Web Browser', terungkap bahwa sekitar 43 persen pengguna internet global menggunakan web browser besutan Google tersebut.

Mashable yang dikutip Jumat (16/8/2013) melansir, Amerika Selatan menjadi basis wilayah pengguna Chrome terbesar. Sekitar 63 persen pengguna internet di wilayah itu tercatat selalu mengakses Chrome ketika 'berselancar' di dunia maya. Sedangkan Asia menyusul di tempat kedua dengan 49 persen pengguna.

Sementara itu, Internet Explorer (IE) milik Microsoft menjadi web browser terpopuler kedua dengan raihan 25 persen pengguna internet global. Kemudian disusul oleh Firefox besutan Mozilla dengan 20 persen pengguna.

Kabar ini setidaknya dapat sedikit mengobati kekecewaan Google. Pasalnya, menurut hasil riset yang dirilis perusahaan analisis Net Application pada April 2013 lalu, aplikasi browser Safari milik Apple masih menjadi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna perangkat mobile.

Salah satu penyebab kekalahan Chrome di segmen perangkat mobile diduga karena Google tidak menyertakan aplikasi browser tersebut secara default di sistem operasi Android. Baru pada sistem operasi Android versi 4.2 Jelly Bean ke atas Google menyediakan Chrome secara default. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini