Sukses

Google Kembali Cekal YouTube dari Windows Phone

Google kembali memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone karena dianggap masih melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan.

Microsoft baru saja merilis versi update aplikasi YouTube di Windows Phone Store pada awal pekan ini. Namun Google selaku pemilik justru kembali memblokir akses aplikasi tersebut.

Aksi pemblokiran ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya dilakukan. Google memblokir aplikasi YouTube pertama kali pada tiga bulan lalu, tepatnya pada bulan Mei. Aplikasi itu diblokir dari Windows Phone karena dianggap melanggar ketentuan yang ditetapkan Google.

Menurut laman The Verge yang dikutip Jumat (16/8/2013), saat itu Microsoft menambahkan aplikasi YouTube tanpa seizin Google. Selain itu, aplikasi tersebut juga tidak dapat menampilkan iklan pada video YouTube. Padahal seharusnya muncul.

Kedua perusahaan kemudian bekerja sama untuk menghadirkan update terbaru dari aplikasi YouTube untuk platform mobile Windows Phone. Meski sudah kembali tersedia dan sempat bisa diakses beberapa hari lalu, aplikasi itu pun kembali diblokir Google karena dianggap masih melanggar ketentuan.

"Microsoft tidak menyediakan upgrade browser yang diperlukan agar pengguna mendapatkan pengalaman YouTube dengan fitur yang lengkap, dan malah kembali merilis aplikasi YouTube yang melanggar ketentuan layanan kami," kata salah seorang juru bicara Google.

Karena itulah Google kembali menonaktifkan aplikasi tersebut dari Windows Phone Store. "Kami meminta semua pihak untuk mematuhi pedoman yang sama," jelasnya lagi.

Menanggapi hal tersebut, Microsoft mengatakan akan bekerja sama dengan Google untuk menyelesaikannya. (dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini