Sukses

ESPN Tertarik Jual Konten Tayangannya ke TV Internet

Tayangan olahraga secara langsung selama ini menjadi alasan penonton bertahan untuk tetap memiliki siaran TV tradisional.

Saluran televisi yang khusus yang menayangkan olahraga, ESPN, semakin melirik kekuatan internet yang diprediksi akan menggantikan tayangan TV tradisional. Presiden ESPN John Skipper mengatakan ESPN tertarik untuk menjual seluruh paket tayangannya kepada layanan TV berbasis internet, termasuk ESPN2 dan ESPN News.

Dilansir dari laman The Verge, Kamis (22/8/2013), keputusan ESPN ini semakin memperkuat posisi tayangan TV berbasis internet. Tayangan olahraga secara langsung selama ini menjadi alasan penonton bertahan untuk tetap memiliki siaran TV tradisional, khususnya via kabel.

ESPN memang menjadi salah satu stasiun dengan jumlah subskripsi terbesar. Menurut Disney sebagai perusahaan pemiliknya, ESPN tercatat memiliki 98 juta subskripsi tayangan olahraganya.

Kabar ini sepertinya akan memicu persaingan perusahaan teknologi untuk mengantarkan konten TV ke internet. Sony dikabarkan telah menandatangani kesepakatan dengan Viacom terkait TV internet. Apple pun sudah menghadirkan tayangan ESPN muncul di Apple TV via perangkat set top box.

Tapi hingga saat ini belum ada kesepakatan bersifat 'hitam di atas putih'. Masih belum jelas siapa yang akan dibidik ESPN dalam menjual konten tayangan miliknya.

Kesuksesan TV internet juga ditandai dengan suksesnya serial yang ditayangkan di layanan streaming Netflix dalam nominasi Emmy Awards 2013. Sejumlah serial di Netflix memperlihatkan keunggulannya di Emmy Awards, yang merupakan ajang bergengsi di industri televisi.

Misalnya saja House of Cards yang mendapatkan sembilan nominasi, termasuk kategori bergengsi. Nominasi itu untuk Seri Drama terbaik, Aktor Terbaik untuk Kevin Spacey, dan Aktris Terbaik untuk Robin Wright. (gal)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini