Sukses

Intel Siapkan Prosesor Canggih Terbaru untuk Tablet - Smartphone

Dua produk siap diluncurkan untuk platform tablet. Sedangkan tiga produk disiapkan untuk smartphone.

Intel siap meluncurkan prosesor dengan platform terbaru untuk tablet. Kedua produk itu adalah Cherry Trail dan Willow Trail, yang sama-sama hadir dengan arsitektur 14 nanometer.

Dilansir dari laman Digitimes, Jumat (23/8/2013), Cherry Trail akan dirilis pada kuartal ketiga tahun depan. Sedangkan Willow Trail akan menyusul di kuartal berikutnya di tahun yang sama. Hal ini diungkap sumber produsen yang berbasis di Taiwan.

Dilansir laman Techradar, Cherry Trail disebut memiliki spesifikasi dengan arsitektur Airmont. Adapun kecepatan clocking bisa mencapai 2,7 GHz dengan grafis (GPU) Gen8.

Sedangkan Willow Trail akan menggunakan arsitektur Goldmont. Intel akan melengkapinya dengan GPU Gen9 untuk mendukung sistem operasi Windows sekaligus Android.

Smartphone Ikut Digarap

Dengan demikian prosesor ini akan menyusul platform smartphone SoC, yang juga sedang dikembangkan Intel. Prosesor itu adalah Merrifield yang berarsitektur 22 nm dan dirilis akhir 2013.

Merrifield disebut bisa mendukung smartphone generasi terbaru yang akan hadir mulai tahun depan. Keunggulannya adalah performa yang 50 persen lebih baik dan daya tahan baterai yang jauh lebih lama ketimbang platform Clover Trail+.
 
Intel juga mempersiapkan platform untuk smartphone lain, yaitu Moorefield yang berarsitektur 22 nanomenter dan dirilis paruh awal 2014. Serta ada juga Morganfield yang berarsitektur 14 nanometer dan dirilis awal 2015.

Kabar ini tentu dianggap lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Karena Intel baru saja memperkenalkan prosesor berbasis Bay Trail pada Mei kemarin. Bay Trail sendiri merupakan platform berarsitektur 22 nm dengan arsitektur Silvermont. Intel menyebut Bay Trail bisa mendukung perangkat dengan kekuatan yang lebih baik serta penggunaan energi secara lebih efisien. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini