Sukses

[VIDEO] Mobil Lipat Ini Bisa Jadi Solusi Sulitnya Cari Parkir

Berkat perkembangan teknologi, kini bukan hanya sepeda yang bisa dilipat. Mobil pun sekarang bisa dilipat.

Anda yang mengendarai mobil tentu pernah atau bahkan sering kesulitan mencari lahan parkir. Nah, terdorong keluhan kian susahnya mencari parkir, sejumlah ilmuwan Korea Selatan menciptakan mobil yang bisa dilipat.

Berkat perkembangan teknologi, kini bukan hanya sepeda yang bisa dilipat. Mobil pun sekarang bisa dilipat. Itulah yang diciptakan para ilmuwan Korea Selatan. Mereka tengah mengembangkan mobil masa depan yang bisa mengirit lahan parkir, sebab mobil ini dapat dilipat.

Diberi nama ARMADILLO-T, inovasi mobil lipat ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan di kota-kota besar yang minim lahan parkir. Dalam Bahasa Indonesia, ARMADILLO berarti trenggiling. Nama Armadillo diambil karena para penciptanya terinspirasi trenggiling yang bisa melipat tubuhnya apabila ada predator yang mendekat.

Panjang mobil bisa berkurang 1,2 meter

Mobil ARMADILLO-T memiliki desain mungil dan hanya mampu menampung 2 orang saja. Dalam keadaan utuh, panjang mobil ini bisa mencapai 2,8 meter. Namun jika sudah dilipat, maka panjangnya menjadi 1,6 meter. Mobil ini hanya bisa melaju hingga maksimal 60 kilometer per jam.

Sebelumnya, sebuah mobil lipat pernah diciptakan oleh ilmuwan dari Institut Teknologi Massachusetts, Amerika Serikat. Mobil yang diberi nama Hiriko Ev tersebut tak hanya bisa dilipat, keempat ban mobil pun bisa berputar dengan arah yang berbeda sehingga mempermudah pengemudi memarkir mobilnya. Mobil ini diluncurkan tahun lalu dan dibanderol dengan harga 143 juta rupiah.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini