Sukses

Cuaca Hujan dan Stadion Klub Liga Spanyol Hilang di `PES 2014`

Ada yang disebabkan masalah teknis. Tapi ada juga karena persaingannya dengan `FIFA 14`.

Sebuah kabar yang cukup mengecewakan tersiar bagi Anda para penggemar seri video game simulasi sepakbola Pro Evolution Soccer (PES). Konami selaku pihak pembesut telah mengonfirmasi bahwa pada seri terbaru PES 2014 sejumlah fitur akan dihilangkan.

Menurut yang dilansir laman Euro Gamer, Jumat (30/8/2013), fitur-fitur yang dengan sangat terpaksa dihilangkan oleh Konami adalah fitur kondisi cuaca hujan, stadion klub anggota Liga Spanyol, dan fitur Stadium Editor.

Menanggapi hal ini, PES Community Manager Adam Bhatti pun angkat bicara untuk menjelaskan secara rinci alasan absennya sejumlah fitur tersebut di PES 2014.

Adam menjelaskan, berbeda dari versi-versi PES sebelumnya, di PES 2014 kondisi cuaca hujan tak dapat ditampilkan karena masalah teknis. Ia mengakui bahwa pihaknya melakukan kesalahan fatal terkait manajemen waktu saat mengembangkan fitur tersebut.

Tim ahli dari Konami pada awalnya bermaksud untuk mengembangkan fitur kondisi cuaca hujan dengan menyematkan berbagai tampilan efek baru seperti lapangan yang menjadi licin, percikan air saat bola memantul, pakaian pemain yang kotor, dan masih banyak lagi. Namun sayang, lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengembangan jutru menjadi molor karena dihadapkan dengan berbagai kesulitan teknis.

"Anda tak akan menemukan cuaca hujan saat bertanding di PES 2014. Ini kesalahan besar, karena niat baik kami untuk melakukan berbagai pengembangan di fitur ini ternyata membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan yang kami perkirakan," kata Adam.

Sementara itu, Adam mengungkapkan bahwa tidak diikutsertakannya stadion-stadion milik klub Liga Spanyol dan hilangnya fitur Stadium Editor disebabkan oleh agresifitas pesaing mereka, EA Sports dalam mengumpulkan lisensi resmi untuk game FIFA 14.

“EA telah secara gencar melancarkan penandatanganan kontrak kerjasama dengan klub dan liga-liga Eropa tahun ini. Mereka juga telah mengumumkan kesepakatan eksklusif dengan klub-klub asal Liga Spanyol. Hal ini yang membuat kami dengan sangat menyesal harus menghilangkan stadion Spanyol dan fitur Stadium Editor di PES 2014," ujar Adam.

"Ini akan menjadi penyesalan dan pembelajaran terbesar bagi kami. Urusan lisensi dan manajemen waktu akan menjadi fokus utama kami pada saat proses penggarapan PES 2015," lanjut Adam.

Sebagai informasi, game PES 2014 sendiri telah dibekali Konami dengan teknologi Fox Engine dan akan diluncurkan pada September 2013 mendatang. Video game ini akan bersaing ketat dengan rival sejatinya, FIFA 14 besutan EA Sport yang kabarnya juga akan dirilis pada waktu bersamaan. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini