Sukses

Bocoran dan Detail Galaxy Gear Terungkap, Ini Kecanggihannya

Galaxy Gear memiliki ukuran yang cukup besar. Bezel pun terlihat cukup luas di sekitar layar yang berukuran persegi empat.

Samsung diprediksi akan merilis jam tangan pintar Galaxy Gear pekan ini di ajang pameran elektronik IFA 2013 yang berlangsung di Berlin, Jerman. Namun sebelum perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan secara resmi, bocoran bentuk dan detail mengenai Galaxy Gear bocor di internet.

Bocoran ini diungkap oleh laman Venture Beat, yang Liputan6.com kutip Senin (2/9/2013). Sumber Venture Beat memperlihatkan detail dan penampakannya berdasarkan video promosi yang baru beredar di internal Samsung.

Dalam sejumlah foto hasil screen capture, terlihat bahwa Galaxy Gear memiliki ukuran yang cukup besar untuk melingkar di pergelangan tangan. Bezel pun terlihat masih cukup luas di sekitar layar yang berukuran persegi empat.

Galaxy Gear di bocoran ini baru terlihat dalam warna dasar, yaitu hitam dan abu-abu. Tapi ada kemungkinan munculnya warna lain, sebab yang diperlihatkan baru prototipe.

Rencananya, Galaxy Gear ini akan bisa terhubung via Bluetooth dengan lini produk Galaxy S. Bisa jadi smartwatch ini juga didesain terhubung dengan semua perangkat Android. Selain itu, Samsung membekalinya dengan Wifi untuk akses internet.

Selain itu kamera 4 MP juga ikut dibenamkan di dalam perangkat. Informasi mengenai kesehatan juga bisa didapatkan melalui kamera ini. Misalnya, Anda bisa memotret foto makanan, kemudian men-tag tipe makanan tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh.

Perangkat ini memang didesain efektif untuk kesehatan. Sebab jam tangan ini bisa memonitor juga kondisi jantung penggunanya. Selain itu jam tangan ini juga bisa menghitung jumlah langkah dan kandungan kalori suatu makanan.

Berikut paparan kecanggihan Galaxy Gear yang disimpulkan Venture Beat:

- Fitur perintah suara Samsung S Voice

- Aplikasi kesehatan

- Integrasi dengan seri Galaxy S

- Fungsi swipe untuk mengakses aplikasi, kamera dan galeri foto.

- Call logs (Daftar telepon keluar-masuk). Belum jelas apakah bisa digunakan untuk menelpon langsung di perangkatnya.

- Akses internet

- Tombol power di samping

- Integrasi media sosial

- Baterai lebih dari 10 jam

Tapi bagaimana pun, Samsung belum memperkenalkannya secara resmi. Tentu masih ada kemungkinan terjadinya perubahan. Kita tunggu saja hingga Galaxy Gear resmi diperkenalkan. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.