Sukses

Rangkul Pasar `Gemuk`, Dell Bangun Design Center di China

Fasilitas ini dibangun agar Dell dapat menyesuaikan diri untuk memasarkan produknya sesuai dengan karakteristik warga China.

China memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Jumlah penduduknya yang mencapai 1,3 milyar menjadikan China sebagai pasar yang menarik bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya ke negeri tersebut.

Perusahaan pembuat komputer asal Amerika Serikat, Dell Inc. pun tak mau menyia-nyiakan pasar China yang besar itu. Dell membangun design center di China.

"Kami membuat komputer khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk pasar China," ungkap Peter Marrs, Dell Executive Director Sales End Consumer Asia Pasific Japan di Swissotel Stamford, Singapura, Kamis (5/9/2013).

Marrs menambahkan fasilitas ini dibangun agar Dell dapat menyesuaikan diri untuk memasarkan produknya sesuai dengan karakteristik warga China.

Selain membangun fasilitas khusus, Dell juga menyiapkan strategi penjualan untuk mengekspansi pasar China. Perusahaan itu berharap bisa melipatgandakan penjualannya dengan strateginya itu.

Sepertinya membangun fasilitas dan kantor di China memang perlu dilakukan oleh perusahaan yang ingin fokus bermain di pasar China. Sebab, mereka harus menghadapi perusahaan lokal yang cepat membesar.

Di industri komputer, Lenovo yang merupakan perusahaan asal China baru saja diumumkan menjadi raja di pasar komputer global. Posisi puncak tersebut diraihnya setelah berhasil menggeser perusahaan komputer Amerika Serikat yang telah lama menduduki rangking 1, Hewlett Packard (HP). (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.