Sukses

Pakai 6 Aplikasi Ini Agar Tak Kecelakaan Seperti Dul Ahmad Dhani

Beberapa aplikasi ini memang diciptakan dengan fungsi memberikan panduan dan peringatan selama Anda memacu kendaran roda empat.

Tragedi kecelakaan 'Lancer Maut' yang melibatkan putra musisi Ahmad Dhani, Abdul Qodir Jaelani alias Dul, di KM 8+200 Tol Jagorawi telah menjadi sorotan banyak pihak. Kecelakaan ini menyebabkan tewasnya enam orang. Dul yang masih berumur 13 tahun pun telah ditetapkan menjadi tersangka.

Perkembangan dunia teknologi, khususnya di sektor keragaman ekosistem aplikasi perangkat mobile sebenarnya sudah lama menawarkan solusi bagi keperluan keamanan mengemudi. Aplikasi yang masuk ke dalam kategori safety driving ini pun memiliki jenis dan fungsi yang beragam.

Kali ini, tim Tekno Liputan6.com akan memberikan informasi kepada Anda seputar 6 aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung keamanan Anda selama mengemudi.

Beberapa di antaranya memang diciptakan dengan fungsi memberikan panduan dan peringatan selama Anda memacu kendaran roda empat. Sebagian lainnya didesain untuk memproteksi Anda dari jenis kecelakaan yang disebabkan oleh kegiatan berkirim pesan saat mengemudi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman



1. Steer Clear Mobile

Aplikasi yang lebih dikhususkan bagi para remaja yang sedang belajar mengemudi ini dirilis oleh perusahaan asuransi kecelakaan asal Amerika Serikat bernama State Farm Insurance.

Tersedia secara gratis bagi perangkat mobile berbasis iOS (iPhone, iPod Touch, dan iPad), Steer Clear Mobile memliki fungsi dasar sebagai pemandu cara mengemudi yang aman bagi para pengemudi pemula. Aplikasi ini juga dapat difungsikan sebagai sarana pencatat kemajuan teknik dan kemampuan Anda dalam mengemudi.

Selain itu, bila Anda sudah terlanjur mengalami kecelakaan, aplikasi ini dapat memberikan Anda rekomendasi jenis klaim asuransi apa yang tepat seuasi dengan kondisi kecelakaan yang Anda alami.
3 dari 7 halaman



2. Dangers of Distracted Driving

Berbeda dengan aplikasi Steer Clear Mobile yang bersifat memberikan panduan langsung teknis mengemudi secara aman, Dangers of Distracted Driving adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk 'menakut-nakuti' Anda sebelum memutuskan untuk mengemudi.

Namun tenang saja, 'menakut-nakuti' di sini dalam artian baik. Aplikasi ini kan memberikan kepada Anda gambaran ataupun simulasi jenis kecelakaan apa yang dapat terjadi bila Anda mengemudi dengan gangguan-gangguan tertentu. Sebagai contoh, aplikasi yang diperuntukkan bagi perangkat berbasis iOS dan dibandrol seharga US$ 0,99 ini dapat memberikan visualisasi kecelakaan yang terjadi bila Anda mengemudi sambil berkirim pesan lewat smartphone.
4 dari 7 halaman


3. Safe Driver

Aplikasi diperuntukkan bagi para remaja pengemudi pemula yang baru saja memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Safe Driver akan memantau tindak-tanduk anak Anda di jalanan.

Hebatnya lagi, Safe Driver diberikan fitur peringatan yang dapat diintegrasikan dengan smartphone milik para orangtua. Bila Anak Anda yang baru memiliki SIM kebut-kebutan di jalanan dan melewati batas kecepatan normal, fitur peringatan di smartphone orangtua akan menyala.
5 dari 7 halaman


4. Drivesafe.ly Pro

Pasti anda sering mendengar kalimat “No texting while Driving”. Dan parahnya, tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh kegiatan berkirim pesan sembari mengemudi telah menjadi masalah yang sangat memperihatinkan bagia semua orang. Namun dengan aplikasi ini Anda bisa terselamatkan dari bahaya kecelakaan ketika melakukan aktifitas tersebut.

Drivesafe.ly Pro dapat membantu Anda membaca pesan dan email ketika sedang mengemudi. DriveSafe.ly Pro juga menawarkan fungsi perintah suara untuk merespon melalui teks, memutar ulang pesan atau melakukan panggilan.

Aplikasi yang sangat penting untuk keselamatan berkomunikasi saat berkendara ini tersedia bagi perangkat berbasis BlackBerry, Android, dan iOS serta bisa Anda dapatkan dengan harga US$ 19,99.
6 dari 7 halaman



5. Zoom Safer

Tak berbeda jauh dengan Drivesafe.ly Pro, Zoom Safer juga berfungsi untuk memblokir segala macam notifikasi panggilan telepon, SMS, pesan instan, email, dan jejaring sosial.

Uniknya, Zoom Safer dapat secara otomatis memberikan penjelasan pada orang yang menghubungi Anda dengan mengirimkan pesan singkat bertuliskan "maaf saya sedang mengemudi". Aplikasi ini sendiri tersedia bagi perangkat berbasis Android dan Blackberry dengan harga US$ 2,99.
7 dari 7 halaman



6. TextArrest

TextArrest juga berfungsi untuk memblokir berbagai notifikasi yang dapat mengganggu Anda selama mengemudi layaknya Drivesafe.ly Pro dan Zoom Safer. Namun TextArrest dianggap lebih ekstrim karena dengan mengaktifkan aplikasi ini di smartphone Anda, selama mengemudi handset ponsel pintar Anda tak ada bedanya dengan ponsel mati.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini