Sukses

Google Rilis Laptop Chromebook dengan Prosesor Intel Haswell?

Sumber yang sama juga mengatakan kalau Google siap mengumumkan adanya mitra hardware baru dalam merilis Chromebook.

Google terus mengembangkan Chromebook sebagai laptop andal besutannya. Kali ini laptop dengan sistem operasi Chrome OS ini dikabarkan akan dilengkapi dengan prosesor terbaru Intel, Haswell. Tentu kehadiran Haswell akan menjadikan Chromebook memiliki kinerja dan performa yang mumpuni.

Dilansir dari laman PC World, Selasa (10/9/2013), seorang sumber mengatakan kalau kehadiran Chromebook dengan Haswell akan segera diperkenalkan Intel di ajang Intel Developer Forum. Selama ini Chromebook memang unik dan berbeda dengan laptop sebelumnya. Sebab Chromebook ditujukan untuk pengguna yang sering menggunakan laptopnya untuk terhubung dengan internet.

Selama ini Google sudah menggandeng sejumlah vendor untuk menjadi mitra hardware dalam merilis Chromebook. Sejumlah perusahaan yang sudah terlibat kerjasama itu adalah Hewlett Packard, Lenovo, Acer, juga Samsung. Sumber yang sama juga mengatakan kalau Google siap mengumumkan adanya mitra hardware baru dalam merilis Chromebook.

Detail Chromebook baru itu kabarnya akan diungkap oleh Doug Fisher, Manager Umum di grup layanan dan software Intel. Salah seorang eksekutif Google juga disebut akan hadir di panggung untuk menjelaskan kerjasama Google dengan Intel dalam optimalisasi Android dan Chrome OS di chip Intel.

Selama ini adopsi penggunaan Chromebook memang lambat. Tapi dengan digunakannya chip Haswell, tentu diharapkan bisa meningkatkan jumlah pengguna dalam memanfaatkan perangkat komputasi yang banyak mengandalkan aplikasi berbasis cloud tersebut. Menurut Intel, chip dualcore Haswell menawarkan daya tahan baterai 50 persen lebih lama ketimbang Ivy Bridge yang merupakan pendahulunya.

Intel juga disebut akan menyematkan chip Core i3 yang bertenaga rendah di salah satu Chromebook baru. Ini akan menunjang pengapalan laptop tanpa kipas. Sebab chip itu hanya mengkonsumsi daya 4,5 watt hingga 11 watt, tergantung penggunaan.

Tak hanya itu, laptop dengan Chrome OS itu juga akan ada yang hadir dengan prosesor Atom Bay Trail. Chip baru Bay Trail akan diperkenalkan pekan ini. Selama ini Bay Trail didesain untuk laptop, juga tablet, dengan biaya produksi rendah. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.