Sukses

Genjot Layanan Data, Telkomsel Perbanyak Aplikasi Bermutu

Telkomsel akan terus menghadirkan aplikasi-aplikasi bermutu di Indonesia untuk menggenjot pertumbuhan layanan data internet.

Meski pertumbuhan pasar perangkat mobile di Indonesia terbilang meningkat cukup signifikan dalam lima tahun belakangan ini, namun penyebaran pengguna perangkat mobile-nya dianggap masih belum merata. Pengguna smartphone, tablet, ataupun jenis perangkat mobile lainnya masih terkonsentrasi di kota-kota besar saja.

Menurut Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Marina Kacaribu, hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa layanan data internet masih belum bisa menjadi ladang keuntungan utama bagi para operator telekomunikasi di Indonesia.

"Untuk Telkomsel, layanan data internet diperkirakan menyumbang 20 persen dari total revenue yang didapat. Angka ini sebenarnya masih jauh dari harapan, namun memang seluruh operator di Indonesia hingga saat ini masih mengandalkan keuntungan dari sektor panggilan suara dan pesan teks," kata Marina saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di acara peluncuran aplikasi Pixable di Plaza Kuningan, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Marina menjelaskan, dalam rangka menggenjot pertumbuhan layanan data internet di Indonesia, salah satu usaha yang saat ini sedang dilakukan Telkomsel adalah mendukung kehadiran aplikasi-aplikasi bermutu. Dengan adanya banyak aplikasi bermutu di berbagai platform perangkat mobile, para pelanggan Telkomsel di luar wilayah perkotaan diharapkan akan semakin lebih tertarik lagi untuk segera beralih menggunakan perangkat mobile pintar dan berlangganan layanan data internet.

Hal ini diwujudkan Telkomsel dengan menjalin kerjasama dengan pihak operator asal Singapura, SingTel, dalam menghadirkan aplikasi foto terbaru bernama Pixable. Sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan banyak media sosial dan berfungsi untuk merangkum seluruh konten foto yang di-posting via Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

"Menurut kami Pixable adalah aplikasi yang bermutu dan sangat sesuai dengan pasar Indonesia. Aplikasi-aplikasi seperti inilah yang akan kami terus dukung kehadirannya di Indonesia," ungkap Marina.

Khusus untuk Pixable, Marina menerangkan bahwa Telkomsel sama sekali tidak memasang digital ads (iklan digital) khusus di dalamnya. Namun, pada laman utama Pixable nantinya akan terdapat Telkomsel feeds yang dapat memberikan informasi terkait promo terbaru dari produk-produk besutan Telkomsel.

"Digital ads bisa merusak tampilan dan memberi dampak buruk pada user experience aplikasi Pixable. Kami tidak menginginkan itu, dan memang pada dasarnya program ini adalah bagian kecil darim program besar peningkatan pertumbuhan layanan data internet Telkomsel, bukan program advertising," imbuh Marina. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini