Sukses

Nokia Rilis Telepon Genggam Pertama, Mendunia Berkat Gorbachev

Nokia andalkan industri komunikasi akibat perang dan pembuatan perlengkapan militer. Telepon dan jaringan ikut dikembangkan.

Nokia mulai meniti jalan menjadi perusahaan multinasional setelah tiga perusahaannya diintegrasikan menjadi konglomerat industri baru pada 1967. Adapun ketiga perusahaan itu, menurut situs Nokia, adalah Nokia Ab, Finnish Rubber Works, dan Finnish Cable Works. Dalam waktu singkat, Nokia menjadi perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk.

Tapi industri komunikasi sepertinya menjadi andalan Nokia dalam menghasilkan keuntungan. Perang Dunia I dan II memang sebuah bencana bagi kemanusiaan. Tapi bagi Nokia, perang itu juga yang menyebabkan penjualan kabel berkembang pesat.

Hingga kemudian pada 1963, dilansir dari Wall Street Journal, Nokia mulai membuat radio telepon untuk militer dan petugas medis. Kelak, ini menyebabkan Nokia semakin rajin mengembangkan teknologi perangkat dan jaringan. Hingga terciptalah peralatan elektronik pertama Nokia, yaitu pendeteksi getaran yang dipasang di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Telepon Mobil Pertama

Dengan mengembangkan perangkat komunikasi untuk militer, Nokia semakin mempelajari teknologi telepon radio standar. Kemudian pada 1964, Nokia mengembangkan radio VHF secara simultan dengan Salora Oy, yang saat itu dikenal sebagai pembuat TV asal Finlandia. Awalnya Nokia dan Salora mengembangkan jaringan ARP standar yang merupakan kependekan dari Autoradiopuhelin atau pelopor kehadiran telepon di mobil, pada 1966.

Hingga kemudian sistem dan jaringan telepon mobil untuk kebutuhan komersial pertama pun hadir di Finlandia. Jaringan mobil pertama ini sudah mulai mengudara pada 1971 dan memiliki cakupan 100 persen di Finlandia pada 1978.

Menurut situs Nokia, Nokia dan Salora kemudian sepakat untuk melebur usahanya dengan mendirikan Mobira Oy pada 1979. Tapi baru pada 1981, Mobira berhasil meluncurkan layanan Nordic Mobile Telephone (NMT). Ini merupakan saluran seluler pertama dan juga menjadi saluran pertama yang memungkinkan roaming internasional.

Layanan NMT pun semakin pesat digunakan. Hingga pada 1982, Nobira memperkenalkan ponsel mobil pertamanya: Mobira Senator untuk jaringan NMT 450.



Tapi jangan bayangkan ponsel ini hadir dalam bentuk telepon genggam yang dikenal seperti saat ini. Ketika itu Mobira Senator masih dilengkapi dengan antena dan peralatan jaringan penunjang lainnya. Sedangkan bentuk Senator seperti tas, dengan gagang yang masih dilengkapi kabel. Berat ponsel mobil juga sekitar 10 kilogram termasuk baterai yang digunakan, terhitung berat untuk sebuah alat komunikasi modern.

Untuk masa itu, tentu saja Mobira Senator sudah cukup dianggap canggih. Jika sebagian besar telepon saat itu masih menggunakan jaringan darat, Mobira Senator cukup memudahkan pengguna untuk berkomunikasi di dalam mobil dan diletakkan di dashboard mobil.

'Manfaatkan' Presiden Rusia

Nokia kemudian membeli Salora Oy pada 1984 dan berhasil menguasai perusahaan seutuhnya. Nama pun diganti menjadi Nokia Mobira Oy.

Telepon mobil terus dipercanggih. Hingga kemudian Nokia memperkenalkan Mobira Talkman pada 1984. Talkman merupakan telepon pertama Nokia yang bersifat portabel dan bisa dibawa ke mana-mana. Talkman tentu saja lebih ringkas dan lebih ringan ketimbang Senator, dan berbobot hanya di bawah 5 kg.

Nokia tak puas dan terus merilis produk baru. Pada 1987, Nokia memperkenalkan Mobira Cityman 900 yang merupakan telepon genggam pertama Nokia. Cityman jelas lebih memudahkan pengguna, dan jauh bersifat portabel ketimbang dua telepon mobil yang merupakan pendahulunya. Beratnya juga hanya 800 gram.

Tapi Nokia bukan perusahaan pertama yang mengenalkan telepon genggam. Motorola tercatat sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan telepon genggam pertama dengan nama DynaTac.

Meski begitu Mobira Cityman tercatat sebagai salah satu telepon genggam bersejarah. Adalah Presiden Rusia saat itu, Michael Gorbachev, yang menjadikan Cityman mendunia. Dilansir dari situs Nokia, ketika itu Gorbachev yang dalam suatu kunjungan kenegaraan ke ibukota Finlandia, Helsinki, menggunakan Cityman untuk menghubungi Menteri Komunikasi Rusia yang berada di Moskow.



Selama dekade berikutnya, momen komunikasi yang dilakukan Gorbachev dikenal sebagai salah satu foto paling bersejarah di industri komunikasi. Tak heran jka Cityman pun memiliki julukan yang cukup unik: Gorba, yang diambil dari nama Gorbachev.

Di tahun-tahun berikutnya, Nokia semakin berkembang dengan membuat produk komunikasi lainnya, terutama telepon genggam. Teknologi jaringan semakin berkembang dengan kehadiran GSM pada 1982. Sejumlah negara di Eropa juga mulai mengadopsi teknologi GSM sebagai standar dalam komunikasi.

Kehadiran GSM juga menjadi momentum Nokia dalam mengembangkan produknya, hingga menjadi raja ponsel. Ikuti terus episode berikutnya. (gal)

Baca juga:

Bagian I: Awal Berkembang, Nokia Memulainya dari Pabrik Kertas


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.