Sukses

Dukung APEC 2013 di Bali, Indosat Kerahkan Satelit Palapa

Indosat akan menggunakan satelit Palapa untuk membantu para media yang melakukan siaran langsung konferensi APEC di Bali.

Ajang konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) akan digelar di Bali awal Oktober mendatang. Pemerintah menunjuk tiga operator besar di Indonesia untuk menjadi penyedia fasilitas komunikasi selama acara itu digelar yakni Indosat, Telkomsel dan XL.

Gelaran konferensi APEC yang semakin dekat membuat operator melakukan berbagai persiapan. Indosat mengaku telah menyiapkan semua fasilitasnya agar konferensi APEC di Bali bisa berjalan lancar.

"Kami sudah membangun infrastruktur terbaru juga ada pula 450 titik Indosat WiFi yang siap membuat para delegasi tetap terhubung dengan rekannya," ungkap Feby Sallyanto, Group Head Large Enterprises Sales Indosat.

Indosat yang menjadi salah satu mengklaim Bali tak akan mengalami 'blackout' selama ajang APEC berlangsung. "Kominfo yang sudah menyatakan layanan komunikasi di Bali sudah siap dan tak akan blackout selama APEC," ungkap Febi yang ditemui Liputan6.com di Hongkong Cafe, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Selain itu, Indosat juga mengaku telah dipilih Kominfo sebagai operator khusus yang memfasilitasi media dari seluruh dunia selama ajang tersebut berlangsung.

"APEC akan dihadiri oleh 2.000 delegasi dari 21 negara. Sudah ada 4.500 wartawan yang mendaftar untuk meliput acara ini, fasilitas komunikasinya akan disediakan oleh Indosat," tambah Feby lagi.

Ia juga mengatakan akan menggunakan satelit Palapa untuk membantu para media yang akan melakukan siaran langsung. Fasilitas yang dimiliki Indosat bisa terhubung dengan satelit lainnya.

"Fasilitas kami bisa mengukung 12 media yang melakukan siaran langsung secara bersamaan. Koneksinya pun bisa dihubungkan ke satelit lain, sesuai dengan milik medianya sendiri," imbuhnya.

Dipilih menjadi salah satu operator komunikasi yang mendukung ajang internasional bukan pertama kalinya bagi Indosat. Perusahaan identik dengan warna kuning itu pernah menjadi penyedia layanan komunikasi bagi acara ASEAN dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.