Sukses

Galaxy S4 Mini Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 4,9 Juta

"Ukurannya yang kompak bukan berati performanya dikorbankan." Apakah harga sesuai dengan spesifikasi dan fitur?

Rencana Samsung melahirkan varian Galaxy S4 dengan embel-embel mini bukanlah sekedar rumor belaka. Vendor asal Korea Selatan itu akhirnya mewujudkan hal tersebut di kampung halamannya, Korea Selatan pada akhir Agustus 2013 kemarin.

Kini smartphone versi mini dari flagship seri Galaxy S4 telah resmi  hadir di pasar Indonesia mulai besok, Jumat (13/9/2013). Harga yang dibanderol tergolong premium, yakni Rp 4,9 juta.

Dari sisi desain, S4 Mini hadir dalam balutan desain yang serupa dengan S4 versi orisinil. Hanya dimensi dan ukuran layarnya saja yg diperkecil.

Lalu apa sebenarnya yang ditawarkan oleh smartphone Galaxy S4 Mini besutan Samsung ini?

"Secara konsep desain, S4 Mini dihadirkan dengan lebih kompak dibandingkan S4 versi orisinil. Namun, ukurannya yang kompak bukan berati performanya dikorbankan", kata Marketing Manager Samsung Indonesia Ahmad Irfan Rinaldi di acara Media Experience Samsung Galaxy S4 & Galaxy S4 Zoom, yang berlangsung Kamis (12/9/2013), di Mongolian Camp, Bogor.

Galaxy S4 Mini mengusung layar 4,3 inci Super AMOLED khas Samsung dengan resolusi qHD 540 x 960 piksel dengan kerapatan layar mencapai 256 piksel per inci, serta dilapisi dengan Gorilla Glass 3.

Di sektor dapur pacu, Samsung membekalinya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang mengusung prosesor dual-core Krait dengan kecepatan 1,7GHz. Dipadukan pula dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 305 dan memori RAM sebesar 1,5GB.

Sedangkan sektor kamera, S4 Mini difasilitasi dengan kamera belakang  beresolusi 8 megapiksel dan kamera depan dengan resolusi 2,1 megapiksel. Sistem operasinya sendiri telah berjalan di atas platform Android 4.2.2 Jelly Bean dengan sentuhan antarmuka TouchWiz.

Sektor konektivitas, S4 Mini sudah mendukung Bluetooth, WiFi, NFC, LTE, dan A-GPS. Samsung juga menyedikan kapasitas memori internal 8GB dan slot microSD untuk ekspansi memori hingga 64GB.

Tak ketinggalan, disertakan pula pelbagai fitur dan aplikasi khas Samsung. Sebut saja S Voice, KNOX, S Health, S Translator, dan masih banyak lagi.

Melihat spesifikasi dan harga yang ditawarkan, smartphone ini sebenarnya masuk ke dalam segmen menengah, dan banderol Rp 4,9 juta bisa dibilang mahal. Sebab saat ini telah banyak beredar smartphone dengan spesifikasi serupa dipasarkan dengan kisaran harga Rp 2 hingga 3 jutaan. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini