Sukses

Nokia Sempat Tertarik Buat Smartphone Lumia Android

Tahukah Anda, sebelumnya Nokia dikabarkan sempat mengujicoba smartphone besutannya dengan menggunakan sistem operasi Android.

Sejak mengumumkan diri akan meninggalkan Symbian, Nokia memastikan diri untuk menggunakan sistem operasi Windows Phone di smartphone buatannya. Sebagian orang menyayangkan hal itu dan berharap Nokia membuat perangkat berbasis Android.

Namun tahukah Anda, sebelumnya perusahaan ponsel asal Finlandia itu dikabarkan sempat mengujicoba smartphone besutannya dengan menggunakan sistem operasi Android.

"Sebuah tim di Nokia sudah memiliki Android dan itu berjalan di smarpthone Lumia," demikian dikutip dari laporan The New York Times beberapa waktu lalu.

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa handset Android Lumia itu sedang diujicoba sebelum Nokia akhirnya menjual divisi ponselnya ke Microsoft.

Menurut Android Authority yang dikutip Liputan6.com, Sabtu (14/9/2013), langkah Nokia mencoba perangkat Android dianggap sebagai strategi persiapan. Pasalnya, di tahun 2014 kerjasama eksklusif Nokia untuk menggunakan Windows Phone akan berakhir.

Nantinya Nokia bebas membuat sistem operasi apapun yang disukainya, termasuk Android. Dengan begitu Nokia bisa mencari peruntungan dari Android, siapa tahu bisa membantu mereka mencetak laba tanpa perlu membayar royalti.

Namun, setelah divisi ponsel Nokia dibeli oleh Microsoft, kecil kemungkinan perusahaan asal Finlandia itu akan melahirkan produk dengan menggunakan OS non-Windows. (den/dew) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.