Sukses

Resmi, Sailfish OS Bisa Jalankan Aplikasi Android

Kompatibilitas itu menjadikan beberapa aplikasi populer di Android bisa dijalankan pada perangkat berbasis Sailfish OS.

Sistem operasi MeeGo telah menjelma menjadi Sailfish OS yang dikembangkan oleh Jolla. Kabar terbaru menyebutkan, platform tersebut telah memiliki kompatibilitas dengan sistem operasi Android buatan Google.

Kompatibilitas itu menjadikan beberapa aplikasi populer di Android bisa dijalankan pada perangkat berbasis Sailfish OS. Sebut saja aplikasi Instagram, WhatsApp dan Spotify bisa berjalan lancar di handset Sailfish.

CEO Jolla, Tomi Pienimaki mengungkapkan kompatibilitas ini dipercaya akan sangat berpengaruh dalam memberikan pilihan untuk perusahaan mobile besar di Eropa dan Asia. Pihak Jolla sendiri mengaku sudah melakukan diskusi dengan beberapa vendor di Asia.

Pienimaki juga mengklaim aplikasi instant messaging WeChat versi Android sudah dapat berjalan dengan baik di OS Sailfish. Kompatibilitas dan kemampuan menjalankan WeChat ini menjadi penting mengingat aplikasi ini sekarang menjadi yang terpopuler di China.

Dilansir Ubergizmo dan dikutip Liputan6.com, Selasa (17/9/2013), Jolla sedang berupaya untuk masuk ke China. Wajar saja, China menjadi negara dengan pasar perangkat mobile yang sangat besar.

Jolla disebutkan pula telah menjalin kerjasama dengan toko aplikasi global non-Play Store terkemuka di China. Langkah ini dilakukan untuk memastikan pengguna smartphone Sailfish OS bisa mengakses aplikasi Android dengan mudah.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini