Sukses

Komunitas Ahli Rooting Bakal Produksi Smartphone Sendiri

Namun menurut rumor, smartphone Android besutan komunitas rooting Android ini tidak akan dibekali berbagai aplikasi besutan Google.

Bagi Anda para pengguna perangkat Android pastinya sudah tak asing lagi dengan nama CyanogenMod. Ya, komunitas penghasil Custom ROM Android yang menyediakan akses rooting terpopuler di dunia ini kabarnya bakal segera meramaikan industri pasar perangkat mobile dunia.

Mereka kabarnya tengah menggarap sebuah smartphone. Untuk memuluskan rencana tersebut, komunitas yang pimpin oleh Steve Kondik itu dikabarkan telah bertransformasi dari sekedar komunitas Android menjadi sebuah perusahaan legal yang memiliki legalitas hukum.

Dikutip dari laman Daily Tech, Sabtu (21/9/2013), langkah tersebut diambil oleh komunitas yang pertama berdiri di tahun 2008 silam ini setelah mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 7 juta atau sekitar Rp 73 miliar dari seorang inverstor yang tak disebutkan namanya.

Kini mereka dilaporkan tengah menjajaki sejumlah kesepakatan dengan produsen komponen perangkat yang berbasis di China.

Namun sayang, menurut rumor nantinya smartphone Android besutan CyanogenMod tidak akan dibekali berbagai aplikasi besutan Google seperti Gmail, Maps, dan Google Play secara pre-instal. Hal ini disebabkan oleh kebijakan Google yang melarang produsen Custom ROM untuk menyediakan bundling aplikasi Google secara pre-instal.

Namun tenang saja, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi tersebut setelah Anda mengunduh toko aplikasi Google Play Store secara manual tentunya. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.