Sukses

BBM Android Belum Muncul di Play Store, yang `Palsu` Berkeliaran

banyak aplikasi yang sepertinya mengambil kesempatan untuk mendapatkan pengunduh dengan 'meniru' BlackBerry Messenger.

BlackBerry siap melepas aplikasi chat populer BlackBerry Messenger untuk hadir di Android, hari ini. Menurut Managing Director BlackBerry Indonesia Maspiyono Handoyo, BBM akan tersedia secara gratis dan bisa diunduh di Google Play Strore mulai sore ini, Sabtu 21 September 2013 pukul 18.00.

Dalam pantauan Liputan6.com di toko aplikasi Gooogle Play, hingga saat ini belum terlihat ada aplikasi BlackBerry Messenger yang dirilis BlackBerry. Meski begitu, banyak aplikasi yang sepertinya mengambil kesempatan untuk mendapatkan pengunduh dengan 'meniru' BlackBerry Messenger.

Saat dilakukan pencarian dengan "BlackBerry Messenger" misalnya, maka akan ditemui aplikasi bernama "BlackBerry Messenger". Untuk meyakinkan calon pengunduh, aplikasi ini diterbitkan oleh BBM Inc.

Tapi berdasarkan kolom "reviews" di aplikasi itu, banyak pengguna yang mengaku tak bisa menggunakan, bahkan untuk membukanya. Salah seorang pengunduh bahkan mempertanyakan keaslian aplikasi ini dan menyebutnya sebagai "aplikasi palsu".

Sedangkan kalau dilakukan pencarian "BBM for Android", akan ditemui lebih banyak aplikasi bertema BBM. Sebagian besar sebenarnya merupakan aplikasi yang memberikan informasi seputar layanan chat tersebut. Tapi banyak pengunduh yang merasa 'tertipu' karena mengiranya sebagai aplikasi BBM resmi.

BBM memang akan menyambangi Android mulai Sabtu sore. Tapi tidak semua smartphone berbasis Android bisa menggunakannya. Perangkat yang bisa mengunduh BBM setidaknya harus versi Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean. BBM juga belum hadir untuk tablet berbasis Android.

Untuk iOS, BlackBerry rencananya akan merilis BBM mulai Minggu dini hari, 22 September 2013 mulai pukul 00.01. Hanya perangkat dengan iOS versi 6.0 ke atas yang bisa menggunakan BBM. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.