Sukses

iPad Termurah di Dunia Dijual Dimana?

AS bukanlah negara yang menjual iPad dengan harga murah, ada negara lain yang menjual lebih murah. Dimanakah itu?

Jika Anda berpikir harga produk-produk Apple di Amerika Serikat (AS) murah, perkiraan itu tak sepenuhnya benar. Namun jika dibandingkan dengan Argentina, harga produk Apple di AS memang jauh lebih murah.

Menurut CommSec -- anak usaha dari Commonwealth Bank of Australia -- iPad generasi keempat atau yang dikenal dengan sebutan iPad Retina Display dijual seharga 1.094 dollar AS di Argentina. Harga itu untuk iPad Retina Display 16 GB Wi-Fi only. Di AS, iPad yang sama dijual jauh lebih murah yakni seharga 499 dollar AS.

Namun ternyata, ada iPad yang dijual lebih murah dari harga di AS. Harga iPad ini diklaim yang paling murah di dunia. Dimana negara yang dimaksud? Jawabnya adalah Malaysia.

Laman BusinessInsider yang dikutip Kamis (26/9/2013) melansir, konsumen di Malaysia bisa membeli iPad Retina Display 16 GB Wi-Fi only seharga $ 473,77.

CommSec sudah memantau harga berbagai produk Apple di seluruh dunia sejak tahun 2007, guna memantau nilai mata uang. Perbedaan harga tersebut dapat membantu CommSec untuk menentukan apakah mata uang suatu negara berada di level yang sesuai.

Harga tergantung dari beberapa variabel

Menurut CommSec, harga sebuah produk seharusnya sama di berbagai negara. Namun ketika sampai di tangan konsumen harganya bisa berbeda-beda, tergantung dari beberapa variabel seperti biaya transportasi, pajak, dan pembatasan impor. Variabel itulah yang nantinya akan mempengaruhi harga akhir suatu produk.

Kanada adalah negara berikutnya yang menjual iPad Retina Display dengan harga termurah di dunia setelah Malaysia. iPad Retina Display 16 GB di Kanada dijual $ 485, lebih murah $ 14 dari harga iPad di AS.

Meskipun harga produk Apple bervariasi di setiap negara, Apple selalu memasang banderol harga tinggi untuk berbagai produknya dibanding pesaingnya, ini karena ekosistem konten premium dan kekuatan brand Apple.

Meskipun di Malaysia lebih murah, jika Anda ke sana hanya untuk membeli iPad, sama saja harganya jadi lebih mahal karena Anda harus mengeluarkan uang untuk transportasi ke negara itu. Berbeda halnya jika nitip ke teman atau belanja sambil jalan-jalan. (dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini