Sukses

Facebook, Line vs YouTube, Mana Paling Populer?

Dari 10 aplikasi smartphone yang paling populer di Asia Tenggara, Facebook menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi terbanyak dipakai.

Menjamurnya kehadiran ponsel pintar (smartphone) ikut mendongkrak adopsi penggunaan aplikasi seperti aplikasi chatting, game dan social media. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, ternyata Facebook merupakan aplikasi smartphone paling populer di Asia Tenggara.

Hal itu terungkap dari hasil studi yang dirilis oleh lembaga penelitian Nielsen berdasarkan peringkat Nielsen Informate Mobile Insights, sebagaimana dikutip dari laman Inquirer Technology, Senin (30/9/2013).

Dari 10 aplikasi smartphone yang paling populer di Asia Tenggara, Facebook menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi smartphone yang paling menarik digunakan, termasuk di Indonesia, Malaysia dan Filipina. Di Thailand, aplikasi Facebook menduduki peringkat kedua setelah aplikasi chatting LINE besutan Jepang.

Aplikasi populer lain yang banyak dipakai di Asia Tenggara adalah Google Play Store, YouTube, LINE dan aplikasi game Candy Crush Saga.

"Pentingnya aplikasi dan pengaruhnya di pasar ponsel yang sangat kompetitif seperti saat ini meningkat dalam beberapa tahun terakhir," kata Sagar Phadke of Nielsen's Telecom and Technology Practice in Southeast Asia, North Asia and Pacific.

Ia juga menyebutkan bahwa pengguna smartphone di Asia sangat banyak menggunakan aplikasi dan basis pengguna aplikasi di Asia berkembang cukup pesat. Itu menandakan para pemasar brand punya peluang untuk mendongkrak pertumbuhan aplikasi.

Di Filipina, 10 top aplikasi teratas adalah Facebook, Google Play Store, YouTube, Candy Crush Saga, Viber, WeChat, LINE, Google Search, Skype and Facebook Messenger.

Penelitian Nielsen ini juga menunjukkan bahwa pengguna smartphone di Asia Tenggara menghabiskan banyak setiap harinya untuk menggunakan aplikasi. Di Malaysia, rata-rata penggunaan aplikasi setiap harinya adalah 66 menit, diikuti oleh Thailand pada 46 menit per hari, Filipina 41 menit per hari, dan Indonesia 40 menit per hari.

(dew)
untuk menyindir Galaxy S4 Zoom, smartphone berfitur kamera mumpuni besutan Samsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini