Sukses

Jadi Kapan BBM di Android dan iPhone Dirilis Kembali?

Tim teknis BlackBerry saat ini sedang bekerja keras memperbaiki gangguan di server. Sistemnya diharap kembali normal dua minggu lagi.

BlackBerry menjadwalkan aplikasi jagoannya, BlackBerry Messenger (BBM) secara resmi akan hadir di smartphone Android tanggal 21 September lalu. Namun, hingga saat ini aplikasi tersebut masih juga belum bisa dinikmati oleh pengguna Android. Untuk iPhone, BBM sudah sempat diluncurkan pada 22 September lalu kemudian ditarik.

BlackBerry memang terpaksa mengubah rencananya untuk merilis aplikasi BBM ke platform lain karena adanya gangguan sistem yang terjadi di server milik BlackBerry. Gangguan itu disebabkan banyak pengguna smartphone non-BlackBerry yang men-download aplikasi BBM tak resmi yang sempat beredar menjelang peluncuran.

"Tim teknis kami bekerja siang malam memperbaiki gangguan di server akibat aplikasi BBM tak resmi. Saya berharap sistemnya akan kembali normal dua minggu lagi," kata Ardo Fadhola, Senior Country Product Manager BlackBerry South East Asia.

Ardo yang ditemui Liputan6.com di acara peluncuran BlackBerry 9720 di Cinema XXI Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (2/10/2013) mengungkap bahwa sambutan pengguna smartphone non-BlackBerry cukup tinggi. Menurut Ardo setidaknya ada 3 juta orang yang mendaftar agar bisa ikut menggunakan BBM di perangkat miliknya.

Jadi kapan BBM akan dirilis kembali untuk Android dan iPhone? Saat ditanya mengenai keseriusan BlackBerry, Ardo mengaku bahwa perusahaannya berjanji benar-benar akan menyediakan BBM untuk pengguna Android dan iPhone.

"Kami memang akan melepas BBM di Android dan iPhone, cuma karena gangguan kemarin jadi harus ditunda. Sementara ini saya belum tahu kapan aplikasi itu akan dirilis kembali," kata Ardo.

Ia berkilah keputusan seputar ketersediaan BBM di smarpthone non-BlackBerry ada di kantor pusatnya di Waterloo, Kanada. "Kita sama-sama nunggu aja ya, karena saya juga masih belum tahu," tandasnya. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini