Sukses

Terungkap, Samsung Sering Curangi Skor Benchmark

Selain Galaxy Note 3, Samsung diketahui juga melakukan kecurang skor saat melakukan pengujian Galaxy S4.

Kabar tak sedap datang menghampiri Samsung, perusahaan smartphone nomor satu di dunia saat ini. Samsung dianggap curang dalam sejumlah uji benchmark untuk perangkat Android terbaru besutannya.

Galaxy Note 3 ternyata tidak 'segahar' yang digadang-gadang Samsung. Phablet generasi terbaru Samsung itu ternyata hanya unggul pada benchmark tertentu saja.

Samsung terbukti telah meningkatkan kecepatan CPU dan GPU saat ponsel menjalankan aplikasi benchmark yang sudah cukup dikenal. Selain Galaxy Note 3, Samsung diketahui juga melakukan kecurang skor saat melakukan pengujian Galaxy S4.

Meskipun begitu, Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang mencurangi benchmark perangkat terbaru. Sejak melakukan pengumpulan data pada Juli hingga September, AnandTech mencatat produsen Android lain seperti HTC, LG, dan Asus juga melakukan kecurangan serupa.

Namun demikian, aksi yang dilakukan perusahaan lain tidak separah Samsung yang diketahui menaikkan clocking GPU hingga batas tertinggi. Tidak mengherankan jika handset unggulan Samsung menorehkan skor tinggi dibandingkan handset besutan kompetitor.

Dalam tabel 'dosa' kecurangan yang dimuat situs AnandTech seperti dilansir laman Phone Arena, Kamis (3/10/2013), ditunjukkan bahwa Samsung hampir selalu melakukan kecurangan serupa untuk handset besutannya. Bukan hanya smartphone Galaxy S4 dan Galaxy Note 3, tetapi juga Galaxy Tab 3 10,1 dan Galaxy Note 10,1 2014 Edition.

Menariknya masih ada produsen yang diketahui 'bermain' bersih untuk melakukan pengujian performa handset besutannya. Motorola dan smartphone seri Nexus diketahui tidak melakukan aksi kecurangan dengan mendongkrak skor benchmark. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini