Sukses

Samsung Bantah Curangi Skor Benchmark Galaxy Note 3

Samsung menyangkal kabar bahwa skor pengujian Galaxy Note 3 sengaja didongkrak untuk mengesankan publik.

Fakta yang diungkap oleh situs AnandTech mengenai upaya curang Samsung menghadapi perangkat besutan kompetitor lain langsung mendapat reaksi. Samsung dengan tegas membantah bahwa mereka telah mendongkrak hasil benchmark kecepatan CPU dan GPU.

Samsung menyangkal kabar bahwa skor pengujian Galaxy Note 3 sengaja didongkrak untuk mengesankan publik. Handset dengan clocking prosesor 2,3 GHz itu memang mencatatkan skor yang impresif saat diuji menggunakan aplikasi benchmark Quadrant, AnTuTu, dan Geekbench.

"Saat pengujian Galaxy Note 3 memaksimalkan kecepatan CPU dan GPU terutama ketika menjalankan fitur yang menuntut kinerja secara substansial," tulis Samsung kepada CNet UK, Jumat (4/10/2013).

Seperti diketahui, meskipun sama-sama menggunakan chipset empat inti besutan Qualcomm Snapdragon 800, Samsung Galaxy Note 3 berhasil mengungguli Sony Xperia Z1 dan LG G2. Namun performa chipset disebut Samsung bukan satu-satunya penentu tinggi rendahnya skor benchmark secara keseluruhan.

"Upaya memaksimalkan kecepatan CPU dan GPU bukan cara untuk mendongkrak hasil benchmark perangkat tertentu. Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan pengalaman terbaik bagi pengguna," pungkas perwakilan Samsung lagi.

Awal tahun lalu, Samsung juga diduga melakukan kecurangan serupa pada perangkat flagship Galaxy S4. Perusahaan asal Korea Selatan ini mendapatkan banyak laporan terkait dengan upaya main curang hasil pengujian yang diterbitkannya jika dibandingkan dengan perangkat pesaing dengan spesifikasi yang hampir sama. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini