Sukses

Pemilik Suara Siri Akhirnya Muncul di Dunia Nyata

Susan Bennett yang mengaku sebagai pemilik suara asli Siri yang baru menampakkan diri ke dunia nyata.

Hampir semua orang di dunia mungkin kenal aplikasi asisten pribadi virtual di iPhone, Siri. Suara wanita yang ada di aplikasi itu cukup merdu dan enak di dengar.

Akan tetapi, tak banyak orang yang mengetahui siapa pemilik suara merdu tersebut. Adalah Susan Bennett yang mengaku sebagai pemilik suara asli Siri yang baru menampakkan diri ke dunia nyata.

Susan yang merupakan warga Atlanta itu bukanlah mengklaim tanpa bukti. Anggota American Board of Recorded Evidence, Ed Primeau mempelajari suara Siri dan Bennett untuk membuktikannya.

Primeau terlebih dahulu mempelajari suara Bennett dan mengaku langsung yakin 70% bahwa Bennett adalah Siri. Tak sampai disitu, Bennett pun kemudian berbicara ala Siri yang menjadikan Primeau yakin 100% bahwa Bennett benar-benar pengisi suara Siri.

Wanita ini bukanlah orang baru di bidang pengisi suara. Ia telah cukup banyak berkarya. Banyak iklan, sistem GPS hingga terminal maskapai penerbangan Delta di seluruh Amerika Serikat memakai suaranya.

Perjalanan Bennett sebagai Siri berawal pada tahun 2005. Saat itu, Bennett harus mengisi suara selama 4 jam setiap harinya di dalam studio yang terletak  di rumahnya.

Dilansir Phone Arena yang Liputan6.com kutip, Senin (7/10/2013), kala itu Bennett harus mengulang kata-kata yang tak lazim dan frasa-frasa lainnya dengan mengubah-ubah nada dan kecepatan suaranya.

Suara milik Bennett ternyata sangat khas. Orang-orang yang mengenal Bennett dengan mudah menyadari bahwa Bennett adalah Siri saat aplikasi itu diperkenalkan pada peluncuran iPhone 4S oleh Apple 4 Oktober 2011. Kini, suara Bennett sudah bisa didengar pada jutaan perangkat iOS di seluruh dunia. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.