Sukses

Vendor Rajin Buat Smartphone versi Mini, Memangnya Laku?

Para vendor berlomba-lomba membuat smartphone flagship berlayar besar, namun mereka juga merilis smartphone versi mininya. Laku mana?

Semakin besar semakin baik, mungkin prinsip itu yang sedang diusung oleh para pembuat ponsel. Mereka berlomba-lomba membuat ponsel unggulan dengan layar cukup besar.

Namun seakan menyadari kesulitan para pengguna menggunakan layar besar, para vendor membuat ponsel andalannya itu dalam versi mini. Ya, versi mini yang dimaksud tentu saja dengan layar yang tak terlalu jauh dari ukuran smartphone flagship versi aslinya.

Sayangnya, sebuah survey memperlihatkan angka penjualan produk flagship versi mini tidaklah bagus. Sebut saja Samsung dengan Galaxy S4 mini maupun HTC dengan HTC One mini yang disebutkan memiliki angka penjualan tak memuaskan.

Menurut yang dilansir laman BGR, Jumat (11/10/2013), spesifikasi yang jauh berbeda antara handset flagship dengan yang versi mini menjadi alasan utama kurangnya minat masyarakat pada versi mini.

Sony yang baru saja meluncurkan Xperia Z1 f yang tak lain merupakan versi mini dari smartphone Xperia Z1 menjadi sebuah pertaruhan baru. Sebab, Xperia Z1 f dibuat dengan spesifikasi yang nyaris sama dengan 'kakak kandungnya', hanya saja ukuran layarnya lebih kecil.

Apabila penjualan Xperia Z1 versi mini lumayan bagus maka spesifikasi dianggap berpengaruh pada penerimaan pasar atas sebuah produk. Akan tetapi, para pengamat memprediksi bila itu terjadi kemungkinan akan ada kanibalisme antar kedua produk milik perusahaan yang sama.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini