Sukses

Jadwal Rilis BBM Android dan iPhone Dikejar Waktu

BlackBerry membantah ditundanya rilis BBM untuk Android dan iOS adalah salah satu cara untuk menunjukkan popularitas aplikasi BBM.

Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk platform Android hingga kini masih belum menampakkan batang hidungnya, termasuk BBM untuk iPhone yang sempat muncul lalu ditarik kembali oleh BlackBerry. Menanggapi hal tersebut, salah seorang perwakilan BlackBerry angkat bicara.

"Tim BBM masih bekerja sepanjang waktu untuk merilis BBM di Android dan iPhone (iOS)," kata juru bicara BlackBerry Victoria Berry kepada International Business Times yang dikutip Senin (14/10/2013).

Berry juga menegaskan bahwa perusahaan belum bisa mengumumkan jadwal rilis yang baru mengenai waktu peluncuran BBM untuk Android dan iPhone. Namun BlackBerry berkomitmen membawa aplikasi itu ke Android dan iPhone.

Sejak kemunculannya, aplikasi chatting BBM sangat populer di smartphone BlackBerry, jauh sebelum aplikasi chatting mobile lainnya hadir. Jadi tak heran jika kehadiran BBM untuk Android dan iPhone sangat dinanti-nanti oleh para pengguna perangkat tersebut.

BBM untuk Android dan iPhone akan menawarkan fitur yang sama seperti yang ada di perangkat BlackBerry. Beberapa analis memprediksi kehadiran aplikasi BBM di platform lain justru akan menganggu penjualan handset BlackBerry. Sebab BBM masih menarik bagi konsumen di kawasan tertentu.

Namun Berry menilai lain. Apalagi BlackBerry punya sistem operasi andalan terbaru yakni BlackBerry 10 dan smartphone BlackBerry qwerty seperti Q10 dan Z30. Berry yakin handset BlackBerry akan tetap menarik bagi pelanggan meski BBM hadir untuk perangkat Android dan Apple.

Berry juga membantah bahwa ditundanya peluncuran BBM untuk Android dan iOS adalah salah satu cara BlackBerry untuk menunjukkan popularitas aplikasi chatting tersebut, serta untuk mendongkrak nilai BBM dan nilai jual perusahaan.


Alasan BBM ditunda

Aplikasi BBM untuk Android seharusnya diluncurkan pada 21 September 2013 pukul 18.00 WIB. Namun BlackBerry kemudian menundanya karena alasan teknis. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang mendownload aplikasi BBM tak resmi hingga menyebabkan volume trafik melonjak dna berdampak pada sistem BlackBerry.

Masalah ini akhirnya berimbas pada rencana BlackBerry untuk merilis aplikasi tersebut. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah teknis ini adalah dengan menunda peluncuran aplikasi BBM. Aplikasi BBM untuk iPhone sendiri sudah sempat muncul di toko aplikasi Apple App Store hari minggu dini hari lalu, namun kemudian BlackBerry akhirnya juga menarik aplikasi itu. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini