Sukses

Teknologi Layar Baru Bisa Menghemat Baterai Ponsel

WhiteMagic diakui bisa memberikan tingkat pencahayaan seterang mungkin, sekaligus menghemat daya baterai tanpa mengurangi kualitas gambar.

Teknologi layar saat ini menjadi salah satu komponen penting dalam proses pembuatan perangkat gadget. Perusahaan pembuat layar panel, Japan Display, mengaku telah memulai produksi massal panel baru untuk smartphone.

Panel layar dari perusahaan asal Negeri Sakura itu berukuran 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel yang sebenarnya terkesan biasa saja. Namun, Japan Display ternyata sudah menambahkan fitur baru yang dinamai 'WhiteMagic'.

Teknologi anyar ini diklaim memiliki tingkat kecerahan layar yang lebih baik. Sebab, mereka menambahkan subpiksel putih di dalamnya untuk menemani subpixel merah, biru, dan hijau yang biasanya hadir di layar.

WhiteMagic diakui bisa memberikan tingkat pencahayaan seterang mungkin sekaligus menghemat daya baterai tanpa mengurangi kualitas gambar. Dikutip Liputan6.om dari GSMArena, Selasa (15/10/2013), kehadiran algoritma di layar berfungsi menghasilkan sistem pemrosesan sinyal terbaik bagi panel LCD.

Hasilnya, daya yang dikonsumsi oleh backlight layar ponsel dapat ditekan lebih besar. Tambahan unsur warna putih dalam tiap pixel sendiri bisa memberikan software ponsel lebih leluasa mengontrol berbagai tingkat kecerahan yang dihasilkan.

Teknologi WhiteMagic sebelumnya digunakan Sony di smartphone Xperia P. Namun, Japan Display masih belum mengungkap vendor mana yang akan menggunakan panel WhiteMagic besutannya itu. (den)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.