Sukses

Jangan Chatting Jelang Tidur Jika Ingin Pulas

Gangguan terbesar saat seseorang hendak beristirahat malam hari adalah bunyi ponsel yang berdering yang menandakan pesan masuk.

Ponsel pintar seakan sudah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari keseharian sang pemilik. Namun tahukah Anda jika penggunaan ponsel ternyata mampu mempengaruhi kualitas tidur di malam hari?

Seperti diwartakan oleh Betabeat, Kamis (17/10/2013), sebuah riset yang dilakukan oleh James C Kaufman terhadap 83 mahasiswa di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa aktivitas chattingan yang dilakukan seseorang akan mempengaruhi kualitas tidurnya.

Hasil riset yang kemudian dibukukan dalam Psychology of Popular Media Culture itu mengungkapkan bahwa gangguan terbesar saat seseorang hendak beristirahat malam hari adalah bunyi ponsel yang berdering yang menandakan pesan masuk.

Suara tersebut berpengaruh negatif terhadap kualitas tidur seseorang. Sebab umumnya banyak orang yang penasaran untuk membaca dan membalas pesan yang mereka terima.

Penelitian ini menyarankan Anda untuk menggunakan profil 'diam' (silent) atau meletakkan layar ponsel dalam posisi terbalik sehingga tidak terganggu dengan pesan hingga panggilan telepon.

Namun jika ingin mendapatkan istirahat yang berkualitas ada baiknya Anda mematikan atau meletakkan ponsel dalam jarak yang cukup jauh dari tempat tidur. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.