Sukses

Akan Ada 103,7 Juta Pengguna Smartphone di Indonesia

Diprediksi akan ada sekitar 103,7 juta pengguna smartphone dan 16,2 juta pengguna tablet di Indonesia pada tahun 2017 mendatang.

Pertumbuhan perangkat mobile khususnya jenis smartphone dari tahun ke tahunnya mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Tak terkecuali di Indonesia.

Menurut hasil studi bertajuk "Getting Mobile Right" yang diprakarsai oleh Yahoo dan Mindshare, saat ini ada sekitar 41,3 juta pengguna smartphone dan 6 juta pengguna tablet di Indonesia. Jumlah tersebut diyakini bakal terus berkembang dengan pesat khususnya di wilayah perkotaan.

Bahkan, pihak Yahoo dan Mindshare memprediksi bahwa akan ada sekitar 103,7 juta pengguna smartphone dan 16,2 juta pengguna tablet di Indonesia pada tahun 2017 mendatang.

"Indonesia merupakan pangsa pasar perangkat mobile yang sangat masif. Posisinya sejajar dengan India. Sekitar 80% dari masyarakat perkotaan di Indonesia dan India memiliki perangkat mobile, khususnya smartphone," ujar Business Planning Mindshare Asia Pacific, Deepika Nikhilender, pada konferensi pers hasil studi "Getting Mobile Right" di Jakarta, Senin (28/10/2013).

Lebih lanjut Nikhilender menjelaskan, tren perangkat mobile ini akan sangat mempengaruhi berbagai lini bisnis lainnya yang memiliki keterkaitan kuat. Salah satu contohnya adalah lini bisnis advertising atau periklanan.

Berdasarkan hasil riset, di Indonesia televisi memang masih mendominasi sebagian besar pangsa pasar iklan. Bahkan presentasenya mencapai di atas 90%. Sedangkan iklan digital pada perangkat mobile tidak lebih dari 6%.

Akan tetapi Nikhilender meyakini bahwa dalam 3 hingga 5 tahun ke depan akan ada perubahan yang sangat signifikan pada presentase tersebut. Ia memprediksi konten iklan digital bakal tumbuh hingga menguasai 20% pangsa pasar iklan di Indonesia. (dhi/dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini