Sukses

38 Juta Data Pengguna Adobe Dibobol Hacker

Adobe menginformasikan bahwa peretas berhasil mencuri username dan password terenkripsi dari 38 juta pengguna aktif Adobe.

Sebelumnya serangan cyber besar-besaran menyasar sistem keamanan Adobe. Sekitar 2,9 juta data-data penting pengguna Adobe berhasil dicuri hacker. Namun ternyata serangan itu berefek panjang dan sangat buruk.

Mengutip laman The Verge, Jumat (1/11/2013), dalam sebuah serangan yang terjadi pada awal bulan ini, Adobe menginformasikan bahwa peretas berhasil mencuri username dan password terenkripsi dari 38 juta pengguna aktif Adobe.

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan. Menurut laporan Krebs on Security, peretas telah mencuri kode sumber (source code) Photoshop yang banyak digunakan oleh para fotografer profesional. Sebuah file yang berisi 150 juta username dan password diperkirakan telah muncul di sebuah situs cybercriminal.

Bukan itu saja, peretas juga telah mencuri kode sumber Adobe Acrobat, Reader, dan ColdFusion. Beberapa dari kode sumber dan informasi akun itu telah diunggah oleh sang pencuri. Pun demikian, kode sumber Photoshop tampaknya tidak dienkripsi, sedangkan password akun pengguna dilindungi enkripsi.

Untuk mengatasi itu semua, kini Adobe dilaporkan tengah berusaha untuk mengatur ulang password yang dicuri dan mengingatkan seluruh pemiliknya. (isk/dew)


Baca juga:
Adobe Dihack, Jutaan Akun Pelanggan Dicuri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.