Sukses

Android KitKat Resmi Menampakkan Diri

Google akhirnya membuka selubung Android 4.4 KitKat. Sistem operasi terbaru dari Google ini diklaim dapat berjalan di semua versi ponsel.

Setelah sejumlah bocoran dan rumor yang beredar, Google akhirnya membuka selubung Android 4.4 KitKat. Sistem operasi yang telah ditunggu-tunggu itu diluncurkan hari ini dalam sebuah acara yang digelar di San Fransisco.

Yang menarik, sistem operasi ini sudah disiapkan untuk mengakomodir perangkat Android kelas bawah (lower-end). Wakil Presiden Senior Google untuk Android, Chrome, dan Aplikasi, Sundar Pichai mengatakan KitKat dapat berjalan di semua versi ponsel, tak hanya handset versi high-end tetapi juga lower-end. 

KitKat dirancang agar bisa berjalan di perangkat mobile yang memiliki RAM 512 MB, spesifikasi minimum yang biasanya dijumpai pada ponsel lower-end. Menurut Pichai, handset lower-end biasanya menggunakan sistem operasi Android Gingerbread atau Ice Cream Sandwich karena keterbatasan memori.

Dengan kehadiran, tak peduli apakah handset Anda merupakan kelas high-end seperti Nexus 5 atau bukan, Android 4.4 Kitkat diklaim bisa berjalan di semua versi handset.

"Google ingin membawa KitKat ke satu miliar pengguna Android berikutnya," kata Pichai sebagaimana dilansir The Verge dan dikutip Jumat (1/11/2013).

Salah satu fitur unggulan KitKat adalah adanya fitur perintah suara (voice command). Pencarian dengan suara diklaim 25 persen lebih akurat. Bahkan jika telepon Anda dalam keadaan standby, Anda bisa melakukan pencarian dengan mengucapkan kombinasi kata tertentu seperti "OK Google" dan kemudian katakan apa yang inginkan Anda cari.

(dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini