Sukses

FIFA 14 Lebih Baik dari PES 2014? Simak 3 Faktanya

Konami harus mengakui keunggulan EA Sports, karena sejauh ini banyak yang menilai penurunan kualitas terjadi di seri teberu PES 2014.

Dua judul video game simulasi sepakbola populer, PES 2014 dan FIFA 14, telah dirilis. Persaingan antara Pro Evolution Soccer (PES) besutan Konami dan FIFA dari EA Sports memang selalu mewarnai persaingan pasar video game segmen olahraga tiap tahunnya, termasuk menjelang penghujung tahun 2013 ini.

Namun sayang, tampaknya di tahun ini Konami harus mengakui keunggulan EA Sports, karena sejauh ini banyak yang menilai penurunan kualitas terjadi di seri teberu PES 2014. Mayoritas gamer kecewa dengan apa yang ditampilkan Konami di PES 2014.

Baca juga: Gameplay PES 2014 Terasa `Asing`, Gamer Kecewa

Lalu bagaimana para gamer menilai FIFA 14? Sebagian besar gamer di berbagai penjuru dunia yang telah mencobanya mengaku FIFA 14 jauh lebih dibandingkan PES 2014.

Bahkan, beberapa waktu lalu jagat Twitter sempat dihebohkan dengan hashtag #WEAREFIFA14 yang digaungkan oleh para gamer pencinta FIFA 14. Jadi, benarkah FIFA 14 lebih baik dibandingkan PES 2014? Simak 3 fakta terkait video game FIFA 14 yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: 3 Kekurangan Video Game PES 2014

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Antarmuka baru

Perubahan besar-besaran yang di lakukan EA Sport pada seri terbaru FIFA 14 langsung terlihat di tampilan antarmuka menu awal. Bila diperhatikan secara seksasama, antamuka baru ini terlihat sedikit mirip dengan antarmuka Metro UI khas Windows 8 dengan bentuk kotak-kotak atau disebut live tiles.

Pada antarmuka terbaru ini pun sangat terlihat bagaimana EA Sports mengedepankan fitur-fitur online. Fitur Ultimate Team, Pro Clubs, dan Online Friendlies ditampilkan cukup menonjol dibandingkan fitur lainnya.

Selain itu, EA Sport pun kini menambahkan sistem notifikasi dan messaging antar sesama gamer FIFA 14 yang telah berteman di fitur Frienlies.
3 dari 4 halaman

2. Pembaruan di sektor gameplay

Di sektor gameplay, EA Sport menawarkan sejumlah pembaruan gameplay dengan tujuan utama menghadirkan pengalaman bermain yang lebih nyata (real). Sejumlah fitur baru di sektor gameplay FIFA 14 adalah:

- Fitur Real Ball Physics. Fitur ini berguna untuk menghadirkan pergerakan dan alur bola lebih presisi dan mengikuti gravitasi serta posisi penendang bola.

- Fitur Protect the Ball. Dengan menekan tombol RT/R3, gamer dapat mengubah posisi tubuh pemain dari posisi menggiring bola menjadi posisi melindungi bola. Hal ini dilakukan agar kemampuan pemain dalam gameplay sesuai dengan kemampuan pemain sepakbola profesional sungguhan

- Fitur Pure Shot. di FIFA 13 posisi tubuh pemain terlihat kurang bertenaga dan tidak real ketika melakukan tendangan. Di FiFA 14 permasalahan tersebut telah diperbaiki, posisi dan tumpuan tubuh pemain saat ingin melakukan tendangan terlihat lebih mantap dan bertenaga.
4 dari 4 halaman

3. Peningkatan kualitas grafis tidak maksimal

Berbeda dengan sektor antarmuka dan gameplay yang mendapatkan pembaruan signifikan, untuk urusan kualitas grafis EA Sports justru dianggap kurang optimal. Kualitas grafis FIFA 14 dinilai tidak lebih baik dibandingkan seri pendahulunya, FIFA 13.

Namun perbaikan di bagian deskripsi situasi dan efek sekitar lapangan, wajah serta detail pemain sudah lebih baik dari generasi sebelumnya. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.