Sukses

Siapakah Sebenarnya Bos Baru BlackBerry, John S Chen?

BlackBerry telah menunjuk John S. Chen sebagai Ad-Interim (pejabat sementara) untuk menduduki jabatan Chairman dan CEO. Siapakah sosok Chen?

Selain membatalkan niatannya untuk menjual perusahaan, BlackBerry juga mengumumkan rencananya untuk mengganti CEO Thorstein Heins dalam dua minggu ke depan.

Sebagai gantinya, untuk menduduki jabatan Chairman dan CEO, BlackBerry telah menunjuk John S. Chen sebagai Ad-Interim (pejabat sementara). Meski begitu, pihak BlackBerry sendiri tidak menutup kemungkinan jika Chen bisa saja menjadi CEO definitif (tetap) BlackBerry di masa mendatang.

Mungkin banyak di antara Anda yang belum mengenal Chen. Lalu siapakah sebenarnya Chen?

John S. Chen lahir di Hong Kong pada tanggal 1 Juli tahun 1955. Meski lahir di Hong Kong, Chen terdaftar sebagai warga negara Amerika Serikat. Bahkan, karirnya sangat gemilang di AS. 

Perjalanan karirnya dimulai saat dirinya menjadi direktur di Wells Fargo & Company, sebuah bank ternama di AS. Lalu ia mulai merambah dunia teknologi saat menjabat sebagai Vice President di Siemens Nixdorf. 

Namun namanya mulai melambung di industri teknologi ketika ia menahkodai Sybase, produsen software ternama yang berbasis di California di tahun 1998.

Menurut yang dilansir laman BGR, Rabu (6/11/2013), saat Chen pertama kali datang di tahun 1998, Sybase dalam kondisi yang tak jauh berbeda dengan BlackBerry saat ini. Saat itu Sybase hampir bangkrut karena merugi hingga USD 98 juta.

Akan tetapi Chen mampu membuktikan kemampuannya. Dalam kurun waktu satu dekade, Chen berhasil meningkatkan nilai aset perusahaan dari USD 362 juta menjadi USD 5,8 miliar. Hebatnya lagi, kesuksesan Chen membuat produsen software ternama asal Jerman, SAP AG, tertarik untuk mengakuisisi Sybase. Dan pada tahun 2010 lalu, SAP AG resmi memiliki Sybase.

Chen sempat bertahan di SAP, namun pada awal tahun 2012 ia memutuskan untuk hengkang. Pria penyandang gelar sarjana elektro dari Brown University ini kemudian bergabung dengan perusahaan ekuitas swasta Silver Lake sebagai penasihat senior. Hingga akhirnya di penghujung tahun 2013 ini ia ditunjuk sebagai CEO sementara Blackberry. (dhi/dew)


Baca juga:

BlackBerry Selamat dari Bangkrut
Lenovo Gagal Pinang BlackBerry
Perusahaan Dijual, Bos BlackBerry Bisa Dapat Ratusan Milyar
Batal Dijual, BlackBerry Tunjuk CEO Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini