Sukses

Pakai Topeng, Grup Hacker Anonymous Demo di 450 Kota

Gerakan kelompok aktivis dunia maya itu kali ini dilakukan melalui kampanye kolektif di berbagai penjuru dunia.

Kelompok hacker Anonymous kembali membuat gerakan besar-besaran. Gerakan kelompok aktivis dunia maya itu kali ini dilakukan melalui kampanye kolektif di berbagai penjuru dunia.

Gerakan yang diberi nama Million Mask March ini dilakukan serempak sejak kemarin, Selasa (5/11/2013). Orang-orang yang merupakan simpatisan Anonymous turun ke jalan memakai topeng Donning Guy Fawkes untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada khalayak maupun berbagai pemerintahan di seluruh dunia.

Anonymous berusaha mengingatkan masyarakat luas akan musuh sebenarnya yang harus dihadapi. "Ingat siapa musuhmu: milyuner yang memiliki bank maupun perusahaan-perusahaan, politisi korup yang memperbudak orang dalam ketidakadilan", tulis Anonymous di Facebook page.

Biasanya Anonymous melakukan perlawanan dan gerakan peretasan di dunia maya, bocoran data rahasia maupun serangan denial-of-service (DoS). Namun, kali ini Anonymoyus lebih memilih menggelar aksi damai di banyak titik lokasi.

Para simpatisan gerakan yang digawangi Anonymous dijadwalkan tersebar di lebih dari 450 kota di seluruh dunia dari Tampa, Amsterdam hingga Mumbai. Tujuan dari gerakan ini diklaim Anonymous dalam halaman Facebook miliknya sebagai 'upaya mempertahankan kemanusiaan'.

Di Washington DC, para demonstran meneriakkan seruan dan ajakan berbicara kepada Obama. Di Chicago, polisi dan para demonstran berpelukan. Sedangkan di Denver, beberapa penangkapan terjadi, meunurut Denver Post polisi melakukan itu setelah adanya laporan pengrusakan gedung.

Tindakan penangkapan dan kekerarasan itu mendapat respon kecaman dari Anonymous. "Anonymous adalah sebuah gerakan damai yang tidak berafiliasi dengan gerakan DC Citizen yang ingin menggulingkan Presiden AS, Kongres, Hakim Agung AS maupun penyanderaan," tulis Anonymous.

Walaupun terjadi beberapa penangkapan, namun secara garis besar gerakan yang dilakukan oleh Anonymous berlangsung secara damai. Sebelumnya, demonstran menggunakan topeng Guy Fawkes secara berbondong-bondong meramaikan jalan untuk memprotes pengintaian yang dilakukan lembaga intelijen AS dan gerakan komunitas Occupy. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.