Sukses

Bisakah BBM Android dan iOS Dipakai di Tablet?

Hingga kini tak sedikit pengguna yang menanyakan mengapa mereka tidak bisa menggunakan BBM di tablet Android ataupun iPad.

BlackBerry telah merilis aplikasi chatting andalannya, BlackBerry Messenger (BBM) untuk perangkat berbasis Android dan iOS. Hanya dalam waktu seminggu, aplikasi BBM itu telah diunduh 20 juta pengguna.

Meski demikian, hingga kini tak sedikit pengguna yang menanyakan mengapa mereka tidak bisa menggunakan BBM di tablet Android ataupun iPad. Sejumlah pembaca menanyakan hal tersebut melalui email redaksi Tekno Liputan6.com. Jadi tak ada salahnya kami mengulas kembali mengenai BBM lintas platform tersebut.

Perlu Anda ketahui, aplikasi BBM saat ini diklaim baru bisa berjalan di smartphone Android yang menjalankan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau yang lebih tinggi. Sementara untuk iPhone, BBM baru bisa berjalan di sistem operasi iOS 6 atau versi yang lebih tinggi yakni iOS 7.

BlackBerry sebelumnya secara resmi memang sudah menegaskan bahwa tablet Android dan juga iPad untuk tahap awal belum akan bisa menggunakan BBM. Head of BlackBerry Software Portofolio Vivek Bhardwaj mengkonfirmasi hal itu.

Baca juga: iPad dan Tablet Android Belum Bisa Cicipi BlackBerry Messenger

BlackBerry mengaku masih fokus mengembangkan aplikasi BBM untuk smartphone saja. Android dan iPhone dipilih karena kedua platform tersebut memiliki basis pengguna yang besar, termasuk di Indonesia. 

Di situs resminya, BlackBerry bahkan menegaskan bahwa perangkat tablet belum mendukung BBM. "Data plan or Wi-Fi required. Please check with your carrier for costs and restrictions. Android 4.0 and iOS 6 or higher is required. Tablet devices not supported," tulis BlackBerry di laman BlackBerry.com yang dikutip Senin (11/11/2013).

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.