Sukses

Seberapa Kuat Samsung di Pasar Android Dunia?

Data yang baru diungkap lembaga riset Localytics menunjukkan produk buatan vendor asal Korea Selatan ini menguasai 63,3% pasar Android.

Merek apa yang paling populer sebagai perangkat Android di seluruh dunia? Samsung mungkin menjadi jawaban yang paling banyak dilontarkan orang atas pertanyaan tersebut.

Memang, perangkat buatan Samsung paling banyak beredar di pasar Android saat ini. Bahkan dari sisi penjualan, handset besutan Samsung disebutkan menguasai pasar Android di segala penjuru dunia. Sebuah riset yang dilakukan Localytics membuktikan hal tersebut.

Data yang baru diungkap lembaga riset itu menunjukkan produk buatan vendor asal Korea Selatan ini menguasai 63,3% pasar Android. Jumlah itu setara dengan 8 dari 10 handset Android yang terjual di pasaran bermerek Samsung.

Seperti dilansir Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (13/11/2013), dominasi Samsung di pasar Android sementara ini  tak bisa dikalahkan. Gabungan angka penjualan dari merek besar seperti HTC, Sony, LG dan Motorola masih yang kurang dari 25% belum mampu menyaingi Samsung.

Kedigdayaan seri Galaxy S dan Note milik Samsung disebutkan menjadi faktor utama kesuksesan Samsung di pasar Android. Riset itu juga mengungkap dari sekian banyak seri Android hanya kekuatan HTC One dan Motorola Droid Razr yang nyaris menyamai produk andalan Samsung.

Dominasi Samsung tak hanya ada di pasar Android secara umum. Perangkat tablet buatan vendor smartphone terbesar di dunia ini juga jadi penguasa di kelasnya.

Seri Galaxy Tab menguasai separuh dari penjualan pasar tablet Android. Jumlah 53% membuat jajaran Galaxy Tab tak lagi bisa disaingi oleh perangkat tablet buatan vendor lain.

Samsung sejak awal memang tellah menguasai pasar Android dengan perbandingan 2:1 di sisi penjualan produk berbasis 'robot hijau'. Lantas, siapakah vendor yang mampu menggeser kekuatan Samsung di pasar Android nanti? (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.