Sukses

Cara Membuat Karikatur dengan Aplikasi MomentCam

Tertarik ingin membuat sketsa karikatur diri Anda? Berikut cara membuatnya dengan menggunakan aplikasi MomentCam untuk perangkat Android.

Sebulan belakangan ini, foto sketsa karikatur headpotrait menjadi perbincangan hangat di berbagai situs jejaring sosial. Banyak pengguna social media seperti Facebook, Twitter, dan Path memajang foto profilnya dengan sketsa karikatur yang dibuat dengan aplikasi karikatur.

Tren penggunaan aplikasi karikatur ini berawal dari sebuah aplikasi asal China, Moman Xiang Ji atau dikenal dengan nama MomentCam. Saking booming-nya, aplikasi besutan Hightalk Software Corp. tersebut berhasil memuncaki daftar top chart aplikasi gratis di toko aplikasi Apple, App Store, mengalahkan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM).

Begitu pula di toko aplikasi Android, Google Play Store, MomentCam juga berada di peringkat pertama top chart aplikasi gratis, mengalahkan aplikasi pesan instan BBM dan WhatsApp Messenger. 

Tertarik ingin mencobanya? Berikut cara membuat karikatur menggunakan aplikasi MomentCam di perangkat Android.




1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi ini adalah mengunduh aplikasi MomentCam di Google Play Store. Untuk memudahkan Anda dalam menemukan aplikasi ini, cukup lakukan pencarian dengan mengetik kata kunci Moman Xiang Ji atau MomentCam.

Sebelum mengunduhnya, pastikan kalau kapasitas penyimpanan yang ada di smartphone Anda memiliki kapasitas kosong setidaknya 30 MB. Pasalnya ukuran aplikasi ini cukup besar yaitu 23,29 MB. Dan pastikan juga kalau smartphone Anda memiliki paket data yang cukup untuk proses pengunduhan. 

2. Pilih MomentCam dan tekan ikon 'Instal'. Setelah proses download selesai, aplikasi akan secara otomatis terinstal di smartphone Anda.




3. Jalankan aplikasi tersebut. Saat membuka aplikasi ini akan muncul tampilan awal dengan pilihan 'Creat Cartoon' atau 'Portfolio'. Untuk memulai membuat karikatur, cukup tekan 'Creat Cartoon' dan akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Anda bisa mengambil foto langsung dari kamera ponsel untuk dijadikan foto karikatur atau memilih foto yang sudah ada di galeri ponsel.

4. Setelah memilih foto yang diinginkan, Anda akan diminta untuk menentukan gender (laki-laki/perempuan). Pilih gender sesuai dengan foto yang kamu pilih dan setelah itu jadilah foto karikatur unik seperti foto di atas. Jangan lupa untuk menyimpan hasil karya Anda dengan memilih ikon bergambar 'Disket' yang terletak di kanan atas. Hasilnya akan tersimpan di galeri ponsel dan 'Portfolio'.




Belum cukup sampai di situ, hasil karya Anda juga bisa diedit dengan cara membentuk karakter wajah, mengubah gaya rambut, menambahkan aksesoris kacamata, membentuk alis, serta menambahkan kumis dan janggut.

5. Cara mengaplikasikannya, cukup dengan memilih opsi 'Face Edit' yang berisi pilihan Face, Hair style, Glasses, Eyebow, dan Mustach yang ada di bar bawah layar. Anda pun juga bisa merubah desain hasil karikatur dengan memilih opsi 'Design' dan 'Create'.

Dan menariknya lagi, hasil karya karikatur Anda dapat di-share ke teman-teman Anda melalui situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter, serta pesan instan WeChat.

Selamat mencoba…

(isk/dew)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini