Sukses

Situs Kepolisian Australia Tumbang Diserang Hacker

Perang cyber masih terus berlanjut. Situs kepolisian Australia atau Australia Federal Police (AFP) diketahui tumbang.

Perang cyber masih terus berlanjut. Situs kepolisian Australia atau Australia Federal Police (AFP) diketahui tumbang. Diduga kuat situs tersebut menjadi korban serangan hacker.

Salah seorang anggota kelompok hacker Anonymous Indonesia mengklaim bertanggung jawab atas serangan cyber yang menimpa situs kepolisian Australia. Selain situs kepolisian, hacker Anonymous Indonesia juga mengerang situs Reserve Bank.

Mereka memposting serangkaian pesan di Twitter setiap kali berhasil menyerang situs. Salah satunya pesan di bawah ini.

rba.gov.au Down By #IndonesiaCyberArmy | #AnonymousIndonesia | #BorneoCyberTeam | #OpGovAu twitrpix.com/cc5u7— ./BCT_48 (@MD_JKT48) November 20, 2013

Pihak AFP dan Reserve Bank sendiri telah mengkonfirmasi bahwa situs mereka diserang tadi malam. Namun mereka mengklaim bahwa hacker tidak berhasil mendapatkan akses ke data-data penting.

Serangan ini terjadi di tengah panasnya hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia, yang dipicu oleh adanya dugaan aksi penyadapan telepon yang dilakukan badan intelijen Australia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, istri dan sejumlah menteri.

Hingga berita ini diturunkan, Kamis (21/11/2013) pukul 12.17 WIB, situs kepolisian Australia masih down dan belum bisa diakses. Komisaris Polisi Federal Australia Tony Negus mengatakan saat ini pihaknya masih menginvestigasi serangan itu.

Menurutnya memang ada upaya serangan yang berusaha menyasar website mereka pagi ini dan sedang ditangani. "Saya tidak yakin siapa pelakunya tapi kami sedang menyelidiki hal itu," ucapnya yang dikutip dari ABC News.

Pihak kepolisian Australia menyikapi ancaman itu sangat serius dan memperingatkan bahwa hacking adalah sebuah kegiatan kriminal. Mereka juga menegaskan bahwa tidak ada informasi sensitif di-host di situs mereka.

Di lain sisi, Reserve Bank telah mengkonfirmasi situsnya mengalami serangan distributed denial of service (DDoS) pada jam 2 pagi tadi. Mereka telah melakukan langkah-langkah perlindungan dan menjamin bahwa sistem bank tetap aman.

(dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini