Sukses

15 Tahun Melegenda, Winamp Menyerah dan Dimatikan

Setelah 15 tahun lebih melegenda, AOL menyatakan akan menutup pemutar musik tersebut per 20 Desember 2013.

Siapa yang tak kenal dengan Winamp, aplikasi pemutar musik tertua dan paling diandalkan di era tahun 90-an hingga 2000-an. Pemutar musik ini dulu dipakai banyak pengguna komputer, terutama Windows, sejak dirilis pada tahun 1997.

Setelah 15 tahun lebih melegenda, AOL selaku pemilik pemutar musik tersebut memposting pengumuman yang mengejutkan. AOL menyatakan akan menutup pemutar musik tersebut per 20 Desember 2013.

Dengan kata lain, baik website, Winamp.com, maupun web service yang berhubungan dengan Winamp tidak akan bisa diakses lagi. Begitu juga dengan Winamp Media player tidak akan bisa di-download lagi. Informasi itu terungkap dari sebuah pengumuman yang diposting oleh AOL. 

"Winamp.com dan layanan webnya yang terkait tidak akan tersedia lagi per 20 Desember 2013. Selain itu, Winamp Media player tidak akan bisa lagi di-download. Terima kasih sudah mendukung komunitas Winamp selama lebih dari 15 tahun," demikian yang tertulis di situs Winamp.com.

Tidak dijelaskan apa alasan AOL menutup Winamp. Besar kemungkinan Winamp tidak lagi mampu bersaing dengan pemutar musik lainnya.

Namun, meskipun kini ada beberapa alternatif pemutar musik lain, diakui atau tidak Winamp merupakan bagian sentral dari evolusi awal musik online. Pembuat Winamp sendiri, Nullsoft, telah diakuisisi oleh AOL pada tahun 1999 seharga US$ 80 juta.

Selamat tinggal Winamp!

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini