Sukses

Tips Menghindari Penyadapan Versi Onno Purbo

Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk melakukan penyadapan. Apa yang harus dilakukan jika telepon seluler kita disadap?

Isu penyadapan ponsel yang dilakukan badan intelijen Australia kepada Presiden SBY dan sejumlah menteri masih terus bergulir. Menurut pakar teknologi dan internet Onno W. Purbo, ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk melakukan penyadapan.

Logika berpikirnya adalah kita harus bisa mendengar transmisi yang dikirim dan men-decode transmisi tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan jika telepon seluler kita ternyata disadap?

Langkah yang harus dilakukan jika telepon disadap menurut Onno adalah segera ganti nomor/SIM card. Lalu gunakanlah enkripsi jika ingin membicarakan suatu hal yang penting. Kemudian koordinasikan dengan lembaga/operator terkait untuk membantu proses forensik.

"Namun yang biasanya sulit diketahui adalah memastikan bahwa telepon kita memang disadap," papar pria lulusan ITB yang terkenal dengan  gaya bicaranya yang ceplas-ceplos ini melalui email, Jumat (22/11/2013).

Untuk mempertahankan diri dari upaya penyadapan, Onno membagi beberapa tips pertahanan. Dalam hal komunikasi jangka pendek, Onno menyarankan agar konsumen menggunakan saluran komunikasi publik.

"Usahakan untuk menggunakan saluran yang ada jaminan milik indonesia / sendiri dan usahakan untuk meng-enkrip komunikasi," jelasnya.

Jika berkaitan dengan situs, Onno menyarankan agar menggunakan fasilitas pentest yang ada di sistem operasi seperti backtrack & Linux. Selain itu tutup semua lubang (celah) keamanan yang ada di situs, jika perlu tulis ulang source code PHP yang digunakan.

Untuk jaringan:
1. Pasang honeynet untuk monitoring serangan di jaringan.
2. Pasang Intrusion Detection System & Intrusion Prevention System di semua situs Indonesia dan pastikan untuk melapor secara automatis ke Computer Emergency Responds Team.

Pertahanan jangka panjang

Untuk pertahanan komunikasi jangka panjang, pastikan root password semua peralatan telekomunikasi tidak berada di tangan asing.
Lalu pastikan juga jalur yang digunakan semua peralatan telekomunikasi tidak menggunakan jalur asing.

"Usahakan untuk menggunakan peralatan buatan sendiri bukan asing," tambah Onno lagi.

(dew)

Baca juga:
Terungkap, Australia Mata-matai Ponsel Presiden SBY
Operator Terlibat Penyadapan, Sanksi Hukum Menanti
BlackBerry Klaim Ponselnya Aman dari Penyadapan
Minimalisir Penyadapan, Pemerintah Dibekali Standar Protokol
Seaman Apakah Aplikasi SMS Anti Sadap?
Hacker Indonesia Diharap Tak Terprovokasi Serang Malaysia
Teknik Melakukan Penyadapan Menurut Onno Purbo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini